6 Alasan Magelang Dijuluki Kota Militer, Bukan Cuma Akmil Tapi Armed pun Ada 2

6 Alasan Magelang Dijuluki Kota Militer, Bukan Cuma Akmil Tapi Armed pun Ada 2

Gerbang Akademi Militer di Jalan Sarwo Edhie Wibowo Magelang--GOOGLE MAPS

Gagasan ini pertama kali dimunculkan pada sidang parlemen oleh Menteri Pertahanan pada tahun 1952.

Presiden RI waktu itu, Ir Soekarno pada tanggal 11 November 1957 meresmikan pembukaan kembali Akademi Militer Nasional yang berkedudukan di Magelang.

Akademi Militer ini merupakan kelanjutan dari MA Yogyakarta dan taruna masukan tahun 1957 ini dinyatakan sebagai Taruna AMN angkatan ke-4.

3. Akademi TNI


Akademi TNI Magelang-TANGKAPAN LAYAR-AKADEMI TNI

Banyak orang yang menganggap bahwa Akademi TNI itu sama dengan Akademi Militer. Padahal keduanya sangatlah berbeda.

Akademi Militer adalah pendidikan calon perwira angkatan darat, sedangkan Akademi TNI lebih besar, karena membawahi tiga matra pendidikan calon perwira militer antara lain, angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara.

Dilansir dari laman Akademi TNI, sejarah beridirnya Akademi TNI ini pada tanggal 16 Desember 1965 berdasarkan Keputusan Presiden RI No.185 /Koti/1965 sebagai dasar berdirinya Akademi TNI.

Pada tanggal 29 Januari 1967 dengan dibentuknya Akabri bagian umum di Magelang. Penyatuan tiga matra tersebut didukung dengan sarana dan prasarana yang ada. Termasuk membangun gedung yang kini dijadikan operasional Pemerintah Kota Magelang.

Sejak berdirinya Akabri tahun 1967 organisasi Akabri telah mengalami beberapa kali perubahan organisasi yakni pada tahun 1984, 2002, 2007 dan 2008.

Adanya reformasi pada tahun 1999 secara resmi telah berganti nama menjadi Akademi TNI dan Akademi Angkatan berada dibawah Mabes Angkatan masing-masing.

Selanjutnya, Resimen Chandradimuka (Menchandra) tidak lagi berkedudukan dibawah Akademi Militer namun berkedudukan dibawah Danjen Akademi TNI.

BACA JUGA:Targetkan 75 kantong, Akademi TNI Gelar Baksos Donor Darah Dalam Rangka HUT ke-57

4. Resimen Chandradimuka


Resimen Chandradimuka Magelang-TANGKAPAN LAYAR-INSTAGRAM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: