Sejarah Letusan Terdahsyat Gunung Muria Hingga Menciptakan Kawah Raksasa

Sejarah Letusan Terdahsyat Gunung Muria Hingga Menciptakan Kawah Raksasa

Gunung Muria dengan segala pesona dan keindahannya--INSTAGRAM

MAGELANG EKSPRES -- Gunung Muria banyak menyimpan misteri yang sampai saat ini belum terungkap.

Gunung setinggi 1.602 mpdl ini  tercatat pernah menimbulkan letusan terbesar pada 80.000-an tahun yang lalu. Sama seperti Gunung Toba, Gunung Muria juga menjadi salah satu gunung paling mematikan.

Letusan Gunung Muria yang sangat kuat, sehingga membuat gunung ini bertipe maar, atau terbentuk karena ada letusan besar yang menciptakan lubang besar atau eksplosif pada puncak yang disebut kawah.

Beberapa ahli mengatakan jika Gunung Muria dulunya merupakan sebuah pulau vulkanik yang terpisah dari daratan pulau Jawa.

Dalam kurun 500-1000 tahun terakhir, Pulau Muria ini kemudian menyatu dengan Pulau Jawa akibat sedimentasi dan subduksi lempeng.

BACA JUGA:Gunung Sumbing Pernah Meletus Tahun 1730, Kerusakan Hingga Korban Jiwa yang Ditimbulkan

Dugaan ini diperkuat catatan HJ De Graaf dan Th G Pigeaud dalam bukunya berjudul Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa: Peralihan dari Majapahit ke Mataram. Dikisahkan bahwa jalur perdagangan pada masa lalu yang dilakukan dari Semarang-Demak langsung menuju Rembang dengan melalui selat sempit diantara Jawa Tengah dan pulau Muria.

Ciri lain gunung bertipe maar seperti Gunung Muria ini sekali meletus dengan eksplosif, maka menjadi gunung api yang mati. Kemudian, memiliki dapur magma yang dangkal dengan tekanan yang tinggi.

Gunung Muria terletak di beberapa wilayah seperti Kabupaten Jepara, Pati, dan Kudus, dan salah satu daya tariknya adalah memiliki tujuh puncak.

Gunung Stratovolcano adalah gunung api yang tersusun dari perselingan endapan piroklastika dan aliran lava atau biasa kita sebut gunung api perisai.

Pendakian Gunung Muria, menjadi salah satu tujuan para pendaki yang ingin menyaksikan pemandangan pada ketinggian 1.602 mdpl.

BACA JUGA:Gunung Anak Krakatau Meletus, Hembuskan Abu Vulkanik Sejauh Ini

Tempat ini mempunyai secara keindahan yang tersaji pastilah akan membuat menakjubkan. Gunung Muria juga sering dijadikan lokasi wisata religi. Hal itu karena adanya makam dari Raden Umar Said atau lebih kita kenal dengan sebutan Sunan Muria.

Maka dari itu kita akan membahas sejarah serta mengenal lebih dekat tentang Gunung Muria ini, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: