SMKN 2 Magelang Adakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Pada Periode 2023/2024

SMKN 2 Magelang Adakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Pada Periode 2023/2024

Siswa SMKN 2 Magelang mengadakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (PILKETOS) periode 2023/2024 pada, Rabu, 13 September 2023, di lapangan SMKN 2 Magelang.-dokumen smk negeri 2 magelang-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRESSMKN 2 Magelang mengadakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (PILKETOS) periode 2023/2024 pada, Rabu, 13 September 2023, di lapangan SMKN 2 Magelang.

Pemilihan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMKN 2 Magelang dengan sistem pemungutan suara. Tujuan dari cara Pilketos ini adalah untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa. Melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam melatih demokrasi tingkat sekolah.

Tahapan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, dimulai dengan cara bergiliran setiap dua kelas untuk melakukan pencoblosan. Kemudian dilanjutkan dengan mengambil kertas suara untuk dicoblos ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

BACA JUGA:Undang KPU, Siswa SMKN 2 Magelang Siap Laksanakan Pilketos Secara Demokrasi

Setelah mencoblos, siswa-siswi akan diarahkan untuk mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta sebagai bukti telah melakukan pilketos. Dilanjutkan dengan perhitungan suara, dengan hasil akhirnya adalah pengumuman pemenang dalam pemungutan suara. Siapa yang akan menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

“Kita persiapannya satu minggu sebelum acara, mulai dari pembentukan panitia penyelenggara hingga persiapan perangkat untuk pelaksanaan acara ini. Acara ini persiapkan sesuai dengan peraturan yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU), sehingga anak-anak melaksanakan Pilketos persis dengan pemilihan umum yang diselenggarakan oleh pemerintah,” ungkap Drs Agus Supriyanto, guru SMKN 2 Magelang.

Adapun harapan siswa untuk ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024,“Saya berharap semoga yang terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS dapat menjaga amanat dengan baik, dapat menjaga komunikasi satu sama lain antara pihak OSIS dengan pihak sekolah, maupun pihak OSIS dengan pihak warga sekolah lainnya.Dan tentunya dapat menjalankan tugas, visi misi, dan mewujudkan program kerja dengan baik,” harap David Alamsyah Putra Nugraha, kelas PPLG 2 yang salah satu siswa yang mengikuti pemilihan ketua osis. SMK Bisa! SMK Hebat! SMKN 2 Magelang Unggul dan Juara!. (nayla-alnis/tim jurnalis skanida)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres