Deteksi Stunting, Pemkot Magelang Salurkan Antropometri Kit Untuk Posyandu

Deteksi Stunting, Pemkot Magelang Salurkan Antropometri Kit Untuk Posyandu

Sebagai upaya mewujudkan zero stunting di Kota Magelang, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang salurkan bantuan Antropometri Kit untuk Posyandu di 17 Kelurahan di Kota Magelang, pada Kamis, 21 September 2023.--

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Sebagai upaya mewujudkan zero stunting di Kota MAGELANG, Pemerintah Kota (Pemkot) MAGELANG salurkan bantuan Antropometri Kit untuk Posyandu di 17 Kelurahan di Kota MAGELANG, pada Kamis, 21 September 2023.

Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz mengatakan, Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Tim Percepatan Penurunan Stunting sekaligus Penyerahan Simbolis Antropometri Kit merupakan wujud komitmen dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Kota Magelang.

"Stunting kita 8 persen, tidak terlalu tinggi tapi kita harus lebih baik lagi. Kita harapkan zero stunting," ujarnya.

BACA JUGA:Bantu Cegah Stunting pada Balita, Mahasiswa UNTIDAR Menciptakan Inovasi Biskuit MPASI Berasal dari Tepung Daun

Aziz menambahkan, meski standar nasional berada pada angka 14 persen, hal itu tidak menjadikan Kota Magelang berpuas, melainkan bagaimana upaya dimaksimalkan untuk penuntasan stunting di Kota Magelang.

Untuk itu, Aziz meminta kepada instansi terkait untuk melakukan pemetaan stunting maupun calon stunting di Kota Magelang sehingga penanganan stunting dapat lebih terfokus.

"Beberapa upaya sudah kita lakukan, dan kebetulan program sudah masuk program 2023 perubahan dan 2024. Mudah-mudahan tercapai," katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Magelang sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat Kota Magelang, M. Mansyur mengatakan, pelaksanaan aksi nasional tentang percepatan penurunan stunting memiliki tantangan yang cukup berat.

Untuk itu dibutuhkan sinergitas bersama guna mewujudkan zero stunting di Kota Magelang.

"Saya selaku ketua TPPS Kota Magelang menghimbau agar program percepatan penurunan stunting dapat lebih dilaksanakan secara sinergis melalui pengoptimalan, sehingga kerja sama dapat lebih solid," ujar Mansyur.

BACA JUGA:GOW Kota Magelang Sebut Sosok Ibu Adalah Kunci Penanganan Angka Stunting

Selain itu, lanjut Mansyur, sinergitas juga harus dilakukan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ataupun instansi di Kota Magelang.

"Semua yang terlibat harus bisa memerankan perannya. Bareng-bareng. Program penanganan stunting yang didukung dengan kerja sama dapat secara efektif menumpas angka stunting di Kota Magelang, " lanjutnya.

Terkait penyaluran Antropometri Kit, Mansyur berharap dapat digunakan dengan sebaik-baiknya guna pencegahan dan penurunan stunting di Kota Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres