Geopark Dieng Wonosobo Selangkah Lagi Menuju Geopark Nasional

Geopark Dieng Wonosobo Selangkah Lagi Menuju Geopark Nasional

ROMBONGAN. Wabup Albar bersama rombongan tim pre asesmen Geopark Dieng di arboretum Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo, kemarin sore. -istimewa-magelangekspres

"Maka sebagai permulaan yang baik, kami sangat gembira menerima kunjungan lapangan ini sebagai bagian dari bentuk dukungan sehingga pre asesmen ini bisa berjalan dengan baik hingga seterusnya," imbuhnya.

Diketahui, penilaian tersebut merupakan sebuah upaya standarisasi dalam mempersiapkan kematangan Dieng sebagai Geopark Nasional ke depannya.

Berbagai kegiatan yang telah menyertai prosesnya antara lain yaitu, menggelar berbagai seminar yang melibatkan pemangku wilayah, pemangku kebijakan, dan stakeholders lainnya.

Akan tetapi pengembangannya tidak hanya menilai seputar objek kawasan geografis, melainkan juga dengan merambah ke sisi sumbernya manusia (SDM) melalui giat-giat diklat terkait pengenalan Geopark bagi masyarakat sekitar, workshop bagi para pemuda beserta seluruh stakehokders, hingga Focus Group Discussion (FGD) terkait persiapan penyusunan rencana induk pengembangan Geopark Nasional.

Dengan begitu, peluang bagi Kawasan Dieng untuk dapat dikembangkan menjadi kawasan Geopark Nasional dengan pengelolaan berbasis konservasi, edukasi dan peningkatan kesejahteraan ekonomi dapat segera terwujud.

BACA JUGA:FANTASTIS! Dianggarkan Rp 83,1 Miliar Begini Penampakan Wisata Dieng Wonosobo Bakal Disulap Jadi Seperti Ini

Senada dengan itu, General Manager (GM) Geopark Dieng, Sri Utami menyatakan optimistis. Baginya, Dieng sudah melalui proses asesmen awal untuk dapat berubah status menjadi Geopark Nasional.

"Kami tentu optimis ketika sudah berproses dengan upaya yang sudah kami siapkan bersama Pemkab Wonosobo dan Banjarnegara, yang berarti ketika tim penilai sudah turun maka kemajuan untuk Geopark Dieng menjadi Geopark Nasional, kita hanya tinggal selangkah lagi," katanya.

Sri mengatakan, penilaiannya itu merupakan tindak lanjut dari usulan Gubernur Jawa Tengah di beberapa saat sebelumnya untuk meningkatkan level status Geopark Dieng.

"Tindak lanjut ini sebetulnya sudah berproses melalui komitmen bersama antar kabupaten sejak 2015 lalu, hingga kemudian hasil assesment ini akan ditindaklanjuti melalui proses oleh Kemenko Maritim dan Investasi sebelum akhirnya akan ditetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional," jelasnya.

BACA JUGA:57 Desa Wisata di Wonosobo Alami Stagnasi, Berikut Respons Pemkab

GM Geopark Dieng tersebut berharap, dengan sinergitas antara Pemkab Wonosobo dan Banjarnegara yang sudah terjalin sejak lama itu bisa menghasilkan sesuatu yang diharapkan antara kedua belah pihak. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres