Marching Band Spensa Purworejo Juara Umum Kejurnas Piala Raja di Jogjakarta

Marching Band Spensa Purworejo Juara Umum  Kejurnas Piala Raja di Jogjakarta

Foto: BORONG PIALA RAJA. Tim MB Gita Bahana Spensa Purworejo tampil memukau dan sukses memborong piala pada Kejurnas Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X Tahun 2023, belum lama ini. --

PURWOREJO, MAGELANG EKSPRES - Marching Band (MB) Gita Bahana Spensa SMP Negeri 1 Purworejo kembali menorehkan prestasi menggembirakan dalam ajang nasional Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X Tahun 2023 di Jogjakarta pada 21-22 Oktober.

Tampil dengan peralatan yang lebih memadai, MB Gita Bahana Spensa sukses menyabet predikat juara umum kelas Display Senior dengan memenangkan banyak kategori.

Spensa menjadi Peserta Marching Field Show (Display) Klasemen Senior, Juara 1 General Effect Marching Field Show (Display) Klasemen Senior, Juara 1 Visual Marching Field Show (Display) Klasemen Senior, Juara 1 Colour Guard Marching Field Show (Display) Klasemen Senior, dan Juara 1 Music Percussion Marching Field Show (Display) Klasemen Senior.

BACA JUGA:Bank Sampah Pandanjaya Purworejo Jadi Rujukan Study Banding

Kemudian Juara 1 Music Winds Marching Field Show (Display) Klasemen Senior, Juara 1 Field Commander Marching Field Show (Display) Klasemen Senior, Juara 1 Street Parade, Juara 1 Marching Performance, Juara 3 Mascot, dan Juara Poin Tertinggi.

“Dari akumulasi total nilai yang diperoleh, akhirnya kita berhasil menjadi juara umum dan mendapat trofi bergilir Piala Raja Hamengkubuwono,” kata Kepala SMPN 1 Purworejo, Tuwuh Sutrisno SPd MPd, Selasa (24/10/2023).

Menurutnya, capaian kali ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Melalui perjuangan yang luar biasa, di tengah keraguan antara berangkat atau tidak karena berangkat juga membutuhkan biaya tidak sedikit, akhirnya kerja keras ini membuahkan hasil. Untuk memenuhi biaya yang dibutuhkan, Spensa menggunakan swadana bapak ibu guru dan paguyuban orang tua.

BACA JUGA:Volume Sampah TPA di Purworejo Capai 65 Ton Per Hari, Tiap Desa Perlu Miliki Bank Sampah

“Sudah tiga kali ini MB Gita Bahana Spensa ikut Kejurnas Piala Raja Hamengkubuwono. Yang pertama juara 2, yang kedua juara 1 dan terakhir ini juara 1 dan berhasil meraih juara umum,” sebutnya.

Diungkapkan, Kejurnas Marching Band Piala Raja Hamengkubuwono merupakan ajang bergengsi tahunan diinisiasi KONI DIY. Diikuti peserta dari berbagai daerah se-Indonesia, Kejurnas ini melombakan banyak kelas dan tingkatan. Penilaian dilakukan oleh juri-juri tingkat nasional dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia.

Dua kategori sekaligus, yakni Street Parade yang digelar di sepanjang Jalan Malioboro pada hari pertama, Sabtu (21/10) serta Display Senior di GOR Among Rogo pada hari kedua Minggu (22/10) diikuti MB Gita Bahana Spensa.

Adapun piala-piala atau kejuaraan yang berhasil dibawa pulang berasal dari tujuh kategori senior display, tiga kategori street parade, satu kategori nilai tertinggi serta satu trophi bergilir.
“Prestasi ini merupakan kado terindah ulang tahun ke-81 SMPN 1 Purworejo yang diperingati 20 Oktober 2023 lalu,” ungkapnya.

BACA JUGA:Wabup Purworejo Ajak Santri Jadi Motor Penggerak Kejayaan Negeri

Lebih lanjut disampaikan bahwa persiapan untuk mengikuti kejurnas Marching Band Piala Raja Hamengkubuwono ini sudah dimulai 10 bulan silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres