Pesan Anggota DPRD Kabupaten Tegal saat Memasuki Musim Hujan

Pesan Anggota DPRD Kabupaten Tegal saat Memasuki Musim Hujan

RAPAT - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tegal Aditya Zulton Prakosa saat memimpin rapat. -DPRD Kabupaten Tegal-Radar Slawi

SLAWI, MAGELANGEKSPRES - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan di Kabupaten Tegal akan terjadi pada awal November 2023.

Untuk itu, masyarakat diminta waspada. Karena bencana alam bisa terjadi kapan saja.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Tegal Aditya Zulton Prakosa, Kamis (9/11).

Menurutnya, masyarakat harus bisa mengantisipasi sebelum terjadinya bencana. Antisipasi dapat dilakukan dengan cara membersihkan saluran air supaya tidak tersumbat.

Dikhawatirkan, jika saluran air tidak lancar, maka bisa terjadi banjir. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, wilayah yang kerap dilanda banjir yakni di Kecamatan Adiwerna.

"Saran saya, masyarakat bisa melaksanakan kerja bakti massal. Terutama pada saluran air atau selokan," kata Adit, sapaan akrab politikus Golkar ini.

Selain selokan, Adit juga berpesan agar pohon yang sudah tinggi supaya ditebang. Karena saat hujan, biasanya disertai angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang.

Seperti yang terjadi di RT 10 RW 02 Desa Kedungsukun Kecamatan Adiwerna, ada pohon tumbang yang mengakibatkan 6 rumah dan 1 masjid mengalami rusak ringan hingga berat.

"Pohon itu mungkin karena sudah tua, sehingga ketika ada angin kencang, langsung roboh dan menimpa rumah warga," kata Adit, yang mewakili masyarakat di Dapil 2 meliputi Kecamatan Adiwerna, Dukuhturi dan Talang.

Selain bencana itu, lanjut Adit, warga juga diminta waspada ketika sedang menyalakan kompor maupun menggunakan jaringan listrik.

Karena jika lalai, akan terjadi kebakaran. Seperti yang dialami warga RT 13 RW 02

Desa Pagedangan Kecamatan Adiwerna. Rumah warga terbakar karena kelalaian, pada Kamis (9/11) sekitar pukul 20.45 WIB. Beruntung peristiwa itu tidak ada korban jiwa maupun luka.

"Biasanya menjelang akhir tahun banyak peristiwa dan bencana. Untuk itu, masyarakat harus selalu waspada dan hati-hati," kata Adit, yang saat ini duduk di Gedung Parlemen sebagai Wakil Ketua Komisi II. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: