Angkut 1.000 Galon Aqua, Hino Lohan Melorot di Tanjakan Kertek Wonosobo

Angkut 1.000 Galon Aqua, Hino Lohan Melorot di Tanjakan Kertek Wonosobo

LAKA. Dump Truk Hino Lohan PT Tirta Investama terlibat laka di Kalikuto Kertek Kabupaten Wonosobo, Senin (13/11). -istimewa-magelangekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Kecelakaan dump truk di jalan arah Wonosobo - Temanggung yang baru-baru ini terjadi, tepatnya di jalan raya wilayah Dusun Kalikuto Candimulyo, Kecamatan Kertek ternyata armadanya milik PT Tirta Investama.

Kendaraan Hino Lohan warna putih itu merupakan dermaga ekspedisi yang mengangkut 1.000 galon air minum Aqua. Diduga tidak kuat melaju di tanjakan, truk mundur dan menabrak guardrail pembatas jalan.

Kapolsek Kertek, Iptu Sutono membenarkan adanya kecelakaan (laka) tersebut. Ia mengatakan, insiden yang terjadi pada Senin (13/11) lusa kemarin merupakan laka tunggal.

BACA JUGA:Laka di Jalan Raya Selokromo Wonosobo, Warga asal Sumedang Tewas

"Iya benar ada kecelakaan tunggal dump truk pengangkut galon Aqua," kata Iptu Sutono belum lama ini.

Lebih lanjut, Koordinator Lapangan (Korlap) Ekspedisi PT Tirta Investama, Handono menyebut semula Hino Lohan hendak mengirimkan 1.000 galon air minum Aqua ke konsumen di Kota Semarang.

Namun saat dalam perjalanan, justru armada yang dibawa oleh anak buahnya itu dikabarkan ringsek pada bagian belakang bak truk.

"Rencananya mau kirim barang ke Semarang. Tapi di Kalikuto Kertek malah ada kendala," kata Handono saat dihubungi Wonosobo Ekspres, Rabu 15 November 2023.

Kronologi kejadiannya menurut Handono, ketika sang sopir tengah membawa armadanya, melintasi jalur rawan laka di Kertek dengan tekanan gas tinggi.

BACA JUGA:Hilang Kendali, Pikap L300 Oleng hingga Nyemplung Jurang di Kepil Wonosobo

Tiba-tiba mesin truk mati dan membuat kendaraan mundur hingga 10 meter. Sopirnya sudah berupaya untuk mengendalikan laju kendaraan yang jalan mundur secara mendadak.

Sayangnya, remnya juga bermasalah dan tak mampu menahan kecepatan truk. Akhirnya pengemudi terpaksa harus banting setir ke sisi jalan untuk meminimalisir dampak laka yang dialaminya.

Ia memilih menabrakkan kendaraannya ke guardrail pembatas jalan, dan roda kiri truknya masuk ke selokan hingga sebagian badan Hino Lohan itu ringsek.

Beruntungnya dalam peristiwa tersebut tidak korban, baik hanya sekadar luka-luka maupun korban jiwa. Meskipun PT Tirta Investama mengaku menerima kerugian material atas insiden lusa kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres