Nasi Kapau Minangkabau, Masakan dengan Citarasa Autentik Setelah Nasi Padang yang Wajib Kamu Coba!

Nasi Kapau Minangkabau, Masakan dengan Citarasa Autentik Setelah Nasi Padang yang Wajib Kamu Coba!

Nasi Kapau Minangkabau, Masakan dengan Citarasa Autentik Setelah Nasi Padang yang Wajib Kamu Coba!--google maps

MAGELANGEKSPRES -- Nasi Kapau merupakan salah satu hidangan khas dari Minangkabau atau Sumatera Barat yang telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Hidangan khas Sumatera ini juga tak kalah lezat dengan Nasi Padang yang pasti sudah tidak asing lagi di masyarakat karena banyak rumah makan masakan padang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hidangan ini ternyata berasal dari Nagari Kapau atau Desa Kapau yang terletak di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Bukittinggi, Nasi Kapau terdiri dari berbagai macam lauk pauk dan sambal khas daerah Minangkabau.

Hampir mirip Nasi Padang, hidangan ini memiliki lauk pauk yang diantaranya ayam goreng, daging rendang, ikan bakar, telur balado, paru goreng, serta sayur pelengkap seperti daun ubi, daun singkong dan lain-lain.

BACA JUGA:Fakta Sejarah Lentog Tanjung Khas Kudus, Rekomendasi Sarapan yang Lezat dan Murah Meriah

Lauk pauk yang tersedia kemudian diletakkan di atas nasi putih kemudian disiram dengan kuah gulai khas yang kaya, akan rempah-rempah, salah satu lauk yang menjadi andalan pelengkap Nasi Kapau yaitu daging rendang.

Daging rendang diolah menggunakan  bumbu rempah-rempah yang bermacam-macam seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, serai, dan masih banyak lagi.

Proses masaknya yang memakan waktu lama menghasilkan daging yang lembut, bumbu yang meresap serta citarasa khas yang gurih lezat.

Rendang ini tersorot sebagai salah satu ciri khas masakan daerah Minangkabau yang terkenal di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia.

Bahkan tak jarang lauk rendang tidak hanya dihidangkan di Nasi Kapau tapi nasi lainnya seperti Nasi Padang.

Nasi Kapau dan Nasi Padang kerap disamakan karena tampilannya yang terbilang mirip.

Padahal ada beberapa perbedaan dari Nasi Kapau dan Nasi Padang diantaranya Nasi Kapau berasal dari Nagari Kapau atau Desa Kapau yang masyarakat sekitar kerap kali menyebutnya rumah makan Nagari Kapau.

BACA JUGA:Asal Usul Dawet Ayu Banjarnegara, Ternyata Inilah Alasan Disebut Ayu

Selain itu jenis lauk pauknya seperti gulai tambusu, rendang daka-daka, gulai kapau dan ikanas bertelur hanya ditemukan di Nasi Kapau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: