Wisata Museum Ullen Sentalu: Mengenal Sejarah dan Kebudayaan Jawa Pada Masa Kerajaan Mataram di Yogyakarta

Wisata Museum Ullen Sentalu: Mengenal Sejarah dan Kebudayaan Jawa Pada Masa Kerajaan Mataram di Yogyakarta

Wisata Museum Ullen Sentalu: Mengenal Sejarah dan Kebudayaan Jawa Pada Masa Kerajaan Mataram di Yogyakarta-ullensentalu-Tangkapan Layar Instagram

MAGELANGEKSPRES -- Mengenal dan mempelajari sejarah tidak hanya selalu melalui buku-buku Sejarah saja. Seperti halnya Anda dapat mengunjungi Mueseum Ullen Sentalu yang merupakan salah satu museum yang mengajarkan kebudayaan Jawa di masa Kerajaan Mataram.

Lokasinya di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu didirikan oleh pihak swasta yakni Keluarga Haryono yang merupakan bangsawan Keraton Yogyakarta dan dekat dengan Keraton Surakarta.

Keluarga ini berniat untuk terus melestarikan nilai-nilai budaya agar tidak hilang begitu saja, sehingga pada tahun 1990-an muncullah ide untuk membangun museum dibawah kaki Gunung Merapi.

BACA JUGA:Panorama Alam Wisata Embung Walitis Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi di Temanggung

Nama museum ini diambil dari falsafah Jawa yakni “Ulating Blencong Sejatning Tataraning Lumaku” yang memiliki makna tersirat yaitu Cahaya terang merupakan penunjuk jalan bagi kehidupan.

Museum ini dapat dikatakan unik, sebab konsep yang disajikan menggunakan gaya arsitektur abad pertengahan dan akhir model Eropa. Kemudian konsep tersebut dipadukan dengan koleksi-koleksi peninggalan pada masa Kerajaan Mataram.

Koleksi bersejarah ini dapat Anda lihat pada ruangan Seni Tari dan Gamelan, Ruang Guwa Sela Giri, Ruang Kampung Kambang, Koridor Retja Landa, dan Ruang Budaya.

Ruang-ruangan ini menampilkan koleksi maupun fungsi yang berbeda-beda dengan nilai budaya yang berlimpah. Daya Tarik museum ini terlihat dari akulturasi tiga budaya mulai dari Jawa, Belanda, maupun Tionghoa.

Koleksi yang di pamerkan mulai dari lukisan, kain-kain, foto kuno, surat-surat kuno, berbagai patung dengan mengekspresikan budaya jawa, candi, dan tentunya masih banyak lagi.

BACA JUGA:Tersembunyi di Tengah Hutan Pinus, Pesona Air Terjun Goa Slandak di Lereng Merbabu yang Menghipnotis Mata

Jika Anda berminat untuk mengunjungi dan melakukan tur di museum ini, Anda dapat memilih paket tur yang disediakan.

Tiket tersebut dibagi menjadi dua kelas yaitu tur Adiluhung Mataram dan Vorstenladen, dimana harga yang diberikan juga berbeda tiket Adilung diberikan tarif Rp. 50.000/orang dan Vorstenladen dikenakan tarif Rp. 100.000/orang.

Selama berkunjung ke Museum Ullen Sentalu, Anda akan ditemani oleh seorang pemandu yang bertugas untuk menjelaskan kisah-kisah sejarah yang ada dimuseum tersebut dengan ramah dan pastinya menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: