Plesir Kebumen Suasana Golden Hour di Pantai Karang Bolong, Seberapa Bolong Karangnya?

Plesir Kebumen Suasana Golden Hour di Pantai Karang Bolong, Seberapa Bolong Karangnya?

Suasana Golden Hour Pantai Karang Bolong--Sumber Instagram @explore_kebumen

KEBUMEN, MAGELANGEKSPRES -- Pantai Karangbolong terletak di Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai dengan pasir berwarna abu-abu ini memiliki pemandangan khas batuan sedimen yang berasal dari gunung berapi. 

Jarak Pantai Karangbolong ke Kota Kebumen sekitar 31,8 km melalui jalur Pantai Selatan Jawa. Daya Tarik Pantai Karangbolong Pantai Karangbolong merupakan Pantai dengan karang yang berlubang.

Dalam bahasa Jawa, Lubang berarti bolong. 

Nah, pantai ini dikenal dengan nama Karangbolong yang dikenal sebagai destinasi wisata di Kebumen. Pantai Karangbolong memiliki keunikan pemandangan batuan abrasi.

BACA JUGA:Ada Lubang Eksotis yang Bikin Mata Terpana di Gua Petruk Kebumen!

Hal ini terjadi karena gelombang besar menghantam dinding bukit sehingga mengikis dan mengendapkan kembali batuan di kawasan tersebut. Selain itu, tingkat pelapukan yang tinggi juga mempercepat proses abrasi.

Daya tarik lainnya adalah Gua Karangbolong yang terletak di sisi timur Gua yang terbentuk dari breksi lava ini memiliki panjang 30 meter, lebar 10 meter, dan tinggi sekitar 5 meter.

Breksi yang dikenal dengan Formasi Gabon ini berumur 30-15 juta tahun. Gua yang diakses melalui bebatuan berlubang ini berakhir di pantai yang tidak terlalu lebar. 

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Pantai Logending di Kebumen Ikon Wisata Paling Tua

Hal unik lainnya dari Pantai Karangbolong adalah di kawasan ini dipasang diorama sebagai tempat pengunduhan sarang burung walet di dinding Gua Pantai Karangbolong.

Di Desa Karangbolong  Buayan sudah terkenal dengan hasil alam yang berupa sarang burung walet.

Sarang burung walet dipercaya sebagai antioksidan yang mampu mencegah penyakit berbahaya, seperti kanker. Pantai Karangbolong mempunyai potensi arus balik yang kuat sehingga kawasan ini berbahaya untuk berenang.

Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain memancing, karena ikan karang di pantai ini cukup melimpah.

Rute Menuju Pantai Karangbolong dari Kota Kebumen cukup mudah dan tidak menempuh jalan yang berkelok-kelok yaitu Kota Kebumen-Jl Sokka Petanahan-Jalur Pantai Selatan Jawa-Lapangan Surorejan-Jl Pangeran Diponegoro-Jembatan Suwuk-Pantai Karangbolong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: