Jelang Akhir Tahun, PMI Kabupaten Magelang Kejar Target Stok Darah

Jelang Akhir Tahun, PMI Kabupaten Magelang Kejar Target Stok Darah

DONOR DARAH. Mobile PMI menjadi program andalan dari PMI Kabupaten Magelang dengan instansi, Rabu (13/12)-ISTIMEWA-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Mencukupi kebutuhan stok darah harian dari sejumlah rumah sakit besar, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten MAGELANG mengejar target ratusan kantong darah untuk stok akhir tahun ini.

Untuk mencukupi target tersebut pihaknya mengandalkan program donor mobile PMI yang bekerjasama dengan instansi pemerintah/ kelompok pelajar maupun komunitas lainnya.

Dokter Pelaksana Donor PMI Kabupaten Magelang, Nurul Badriyah mengatakan dalam setiap kegiatan tersebut memiliki target capaian untuk kantong darah yang disimpan.

BACA JUGA:Berbeda dengan Biasanya, Penjualan UMKM Candi Mendut Jelang Libur Akhir Tahun Ini Belum Naik

"Minimal target 50 kantong darah setiap kegiatan," kata Nurul Senin (13/12) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Nurul, pemenuhan target tersebut bisa dilakukan dengan memaksimalkan kegiatan-kegiatan donor darah di komunitas dan instansi yang ada. Sedangkan untuk menjangkau sasaran hingga pelosok, PMI Kabupaten Magelang mengandalkan dua armada donor yang dilengkapi berbagai peralatan pendukung.

Melalui program jemput bola tersebut, PMI Kabupaten Magelang mampu mencapai  target bulanan sekitar 400 hingga 700 kantong darah.

Bahkan dari pelayanan mobile tersebut PMI Kabupaten Magelang mendapatkan stok semua golongan darah.

"Stok produk darah di PMI Kabupaten Magelang hingga saat ini dalam kondisi aman untuk semua golongan darah," jelasnya.

BACA JUGA:SBY Bakal Nobar Debat Capres-Cawapres dari Magelang

Menurut Nurul untuk permintaan golongan darah setiap bulan tidak dapat dipastikan karena sesuai kebutuhan pasien di rumah sakit yang bermacam macam. Bisa dalam bulan tertentu terbanyak golongan darah A, B, atau O.

Namun demikian PMI Kabupaten Magelang tetap berupaya mencapai target yang dibutuhkan jika permintaan kantong darah terjadi peningkatan.

"Kita melayani tiga rumah sakit di Kabupaten Magelang yakni Rumah Sakit Merah Putih, Rumah Sakit Umum Daerah Muntilan dan Rumah Sakit Aisyiah," jelasnya. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres