Berikut Jadwal Sortir Surat Suara Pemilu 2024 di Wonosobo

Berikut Jadwal Sortir Surat Suara Pemilu 2024 di Wonosobo

KERTAS SUARA. Kegiatan sortir dan melipat kertas suara di Gudang Eks Dieng Djaya Kabupaten Wonosobo-Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Penyortiran dan pelipatan (sorlit) surat suara untuk kontestasi politik DPRD Kabupaten Wonosobo digelar oleh KPU setempat di Gudang Eks Dieng Djaya. Pengawasan secara langsung hanya dilakukan di dalam ruangan.

"Pengawasan hanya di dalam gudang. Penjagaan konsentrasi di dalam gudang. Ada beberapa cctv langsung terpantau dengan layar monitor," kata Ketua Bawaslu Wonosobo, Sarwanto Priadhi kepada Wonosobo Ekspres di kompleks gudang logistik, Selasa (9/1).

Sebagai informasi, seluruh rangkaian kegiatan sorlit akan berlangsung selama 11 hari berturut-turut. Sorlit surat suara untuk peserta pemilihan umum, mulai dari DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR-RI, DPD RI, dan Presiden serta Wakil Presiden, yang direncanakan bergulir sampai Jumat (19/1) mendatang.

BACA JUGA:Disparbud Wonosobo Target Bisa Sumbangkan 7 Miliar Lebih ke Daerah

Untuk sorlit DPRD kabupaten, bergulir sejak Selasa - Kamis (9-11 Januari), dua hari berikutnya DPRD Provinsi, kemudian dua hari selanjutnya untuk DPR-RI, dua hari DPD RI, dan terakhir pada Kamis - Jumat (18-19 Januari) untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Pelaksanaan berada di lokasi yang sama, yaitu di dalam Gudang Eks Dieng Djaya, sebagai tempat penyimpanan logistik pemilihan umum (pemilu). Ratusan peserta sorlit surat suara terbagi menjadi beberapa kelompok.

Ratusan personil yang menjadi petugas sorlit borongan tersebut merupakan orang-orang yang sudah diseleksi oleh panitia, dan dipastikan tidak merusak atau melakukan kecurangan terhadap surat suara yang di sortir serta dilipat.

"Kita lakukan pengawasan untuk memastikan bahwa surat suaranya layak, kita memastikan bahwa orang-orang ini adalah orang yang bisa bertanggungjawab dan tidak merugikan. Misal merusak surat suara, mencoblos partai atau kandidat tertentu," jelas Sarwanto Priadhi.

BACA JUGA:Jumlah Perceraian ASN di Wonosobo Naik, Proses Mediasi Cenderung Sulit

Dalam gudang tersebut, kotak suara serta lokasi peserta dalam melaksanakan sorlit berada dalam satu tempat. Namun begitu, Sarwanto tak membuat batasan atau sterilisasi meski masih ada tumpukan kotak suara baru dan terbungkus rapi.

"Tidak ada yang disterilkan. Yang paling penting justru surat suara ini. Sehingga pengawasan dan penyimpanan relatif lebih cermat ketimbang kotak suara. Saya kira semuanya tersimpan baik dan safety, cukup kondusif," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua KPU Wonosobo, Ruliawan Nugroho mengungkapkan, dalam pelaksanaan sorlit surat suara, misalnya di DPRD Kabupaten, dijadwalkan selama 3 hari.

Perharinya, terdapat 2 dapil yang pesertanya terdiri dari masyarakat di daerah pemilihan (dapil) tersebut.

BACA JUGA:BPBD Sebut Wonosobo Berstatus Darurat Bencana Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres