Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045 Disepakati, DPRD Dorong Purworejo ke Depan Punya Karakter

Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045 Disepakati, DPRD Dorong Purworejo ke Depan Punya Karakter

SEPAKAT. Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Purworejo Tahun 2025-2045 disepakati bersama oleh DPRD dan Kepala Daerah Kabupaten Purworejo dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD setempat.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

Sementara itu, Fran Suharmaji saat dikonfirmasi usai Rapat paripurna menyampaikan bahwa dokumen yang disepakati merupakan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Purworejo Tahun 2025-2045 dan masih bersifat makro.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Purworejo: Pelipatan Surat Suara Ditarget Rampung 12 Januari

Pembahasannya masih akan membutuhkan proses panjang disepakati bersama sehingga diperoleh hasil yang dapat digunakan sebagai dasar untuk pelaksanaan perencanaan pembangunan jangka panjang selama 20 tahun ke depan di Kabupaten Purworejo.

“Ini masih Ranwal, selanjutnya masih akan ditindaklanjuti dengan pembahasan-pembahasan berikutnya kalau sudah masuk di Raperda tentang RPJPD,” sebutnya.

Menurut Fran, pembahasan penyusunan RPJPD menjadi momentum yang baik untuk membenahi Purworejo di berbagai sektor. Dalam hal ini, DPRD mendorong agar pihak eksekutif dapat merumuskan langkah-langkah dan kebijakan agar Kabupaten Purworejo memiliki karakter.

“Tentunya ya Purworejo ke depan harus punya karakter. Secara formal dalam beberapa kesempatan kami DPRD sudah pernah menyampaikan kepada pemerindah daerah,” terangnya.

Karakter itu, sambungnya, dapat dianalisis dan dicari oleh pihak eksekutif. Sebagai contoh, Purworejo merupakan daerah agraris yang juga menjadi poros Cilacap-Jogja. Dari itu, peluang-peluang besar dapat ditangkap dengan menguatkan karakter dan keunggulan.

BACA JUGA:Polres Purworejo Tindak Tegas Pengguna Knalpot Brong

“Nah kita cari keunggulannya yang bisa menjadikan sebuah karakter. UMKM itu juga masuk karena kita juga penyangga objek wisata Jogja dan Magelang, harus punya keunggulan komparasi dari kabupaten lain,” tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres