Kunjungan ke Wonosobo, Presiden Jokowi Bakal Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah Hari Ini

Kunjungan ke Wonosobo, Presiden Jokowi Bakal Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah Hari Ini

Penyerahan Sertifikat Tanah Masyarakat oleh Presiden RI Jokowi padaSenin (22/1/2024)--Freepik

MAGELANGEKSPRES -- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berencana hadir dalam serah terima sertifikat tanah masyarakat di Kabupaten Wonosobo pada Senin, 22 Januari 2024.

Penyerahan ini juga meliputi Kabupaten lainnya yakni Purworejo dan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

"Presiden bersamaan dengan Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto nantinya akan bersama-sama menyerahkan 3.000 sertifikat tanah," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Lampri dalam pernyataannya, Sabtu, 20 Januari 2024 lalu.

BACA JUGA:Pentas Dayakan di CFN Borobudur Tuai Pujian Pengunjung, Dampak Positif ke Ekonomi Masyarakat

Sertifikat tanah yang diserahkan sebanyak 3.000 ini merupakan hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sukses diberlangsungkan di tiga kabupaten tersebut.

"Nantinya dari 3.000 sertifikat itu sudah meliputi 1.650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Wonosobo, 650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Purworejo, dan 700 sertifikat kita serahkan pada masyarakat Kabupaten Kebumen," jelas Lampri.

BACA JUGA:Bagikan Sekantong Sayur Secara Gratis, Komunitas Sayur Ganesa Magelang Tuai Banyak Pujian

Sebagai informasi, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah bagian dari program Presiden RI Joko Widodo semasa tahun 2017.

Program ini dilakukan secara serentak sebagai ajang mempercepat proses pendaftaran 126 juta bidang tanah yang ada di Indonesia termasuk pendaftaran tanah yang tercatat belum didaftarkan pada setingkat wilayah desa.

Hal ini bertujuan agar memberikan kepastian hukum kepada masyarakat melalui hak atas tanahnya yang kini diperoleh.

Harapan didaftarkannya seluruh bidang tanah yang ada di Indonesia ini adalah untuk menghindari adanya konflik dan sengketa pertanahan.

BACA JUGA:Gunung Merapi Erupsi, Sejumlah Wilayah di Boyolali dan Klaten Hujan Abu Vulkanik

Presiden RI dalam kesempatannya akan menggandeng sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Acara ini akan dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Gubernur, Bupati dari masing-masing wilayah, serta perwakilan dari jajaran pemerintah daerah," terang Lampri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres