Jokowi Kunker di Magelang: Resmikan Ruas Jalan Evakuasi Merapi, Muntilan-Keningar

Jokowi Kunker di Magelang: Resmikan Ruas Jalan Evakuasi Merapi, Muntilan-Keningar

Jokowi Kunker di Magelang: Resmikan Ruas Jalan Evakuasi Merapi, Muntilan-Keningar -Heni Agusningiyas-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Muntilan-Keningar Sukomakmur, Senin, 22 Januari 2024. Ruas jalan ini merupakan akses evakuasi Gunung Merapi.

"Ruas Muntilan-Keningar ini adalah akses evakuasi Merapi, sehingga perlu saya lihat, saya tinjau dan sudah selesai," ujar Jokowi.

Ia menyampaikan jika tahun 2023 anggaran Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah sebesar Rp14,6 triliun. Kemudian yang digelontorkan ke Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp1,36 triliun. 

"40 ruas jalan di Jateng, Kabupaten Magelang ada 4 ruas jalan 18 km dengan total anggaran Rp30,991 miliar," katanya.

Jalan Muntilan-Keningar ini merupakan jalur akses Merapi sudah selesai dibagun. Pembangunan tidak diaspal melainkan dengan rigid beton yang diharapkan lebih awet.

"Jalan dilalui oleh truk-truk jadi tidak dengan aspal tapi rigid beton," ungkap Jokowi.

Perlu diketahui 4 jalur yang dibagun di Kabupaten Magelang antara lain Merapi Desa Kradenan biaya Rp4 miliar dengan panjang 2,05 km, Jalan Muntilan-Keningar biaya Rp16,021 miliar panjang 11,9 km. Dan yang ketiga Jalan Desa Sukomakmur-Kajoran dengan biaya Rp5,28 miliar yang panjangnya mencapai 4,4 km. Petung Pakis biaya Rp5,69 miliar dan panjang 4,42 km. (hen)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: