86.754 KPM di Temanggung Terima Bantuan Beras

86.754 KPM di Temanggung Terima Bantuan Beras

BANTUAN. Masyarakat menerima bantuan beras dari pemerintah Kabupaten Temanggung.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Cadangan Pangan Pemerintah (CCP) mulai dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), adapun jumlah KPM yang berhak menerima bantuan beras tersebut sebanyak 86.754 KPM.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto mengatakan, bantuan ini diberikan kepada KPM yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung, setiap keluarga akan menerima bantuan beras sebanyak 10 kilogram.

"Bantuan untuk setiap KPM atau kepala keluarga sama yakni 10 kilogram,"terangnya Senin 4 Januari 2024.

Menurutnya, masyarakat yang terdaftar sebagai KPM akan menerima bantuan selama tiga bulan, yakni mulai bulan Januari, Febuari dan Maret, setiap bulan 10 kilogram, sehingga setiap KPM menerima bantuan sebanyak 30 kilogram.

BACA JUGA:Kualitas Air Minum Warga Temanggung Dimonitor

Dikatakan, bantuan beras ini selain untuk meringankan beban keluarga kurang mampu, juga untuk menekan harga jual beras yang dalam beberapa waktu terakhir ini naik cukup drastis.

"Tujuan utamanya memang untuk meringankan beban keluarga kurang mampu, jangka panjangnya untuk menurunkan harga beras, sehingga harga beras bisa normal kembali,"harapnya.

Sebagaimana diketahui, dalam kirim waktu kurang lebih satu bulan terakhir ini harga jual beras disejumlah pasar di Kabupaten Temanggung mengalami kenaikan yang cukup drastis, harga jual beras premium sampai tembus Rp17.500 perkilogram, sedangkan harga beras medium di harga Rp 15.000 per kilogram.

Naiknya beras tersebut, membuat Pemerintah Kabupaten Temanggung bersama Bulog Cabang Magelang melakukan operasi pasar di tiga titik yakni di Plasa Temanggung, Plasa Parakan dan pasar Candiroto.

BACA JUGA:Di Temanggung Dua Advokat Gadungan Dibekuk, Terancam Denda Rp 500 Juta dan Penjara 5 Tahun

Dari operasi beras tersebut ternyata berdampak positif terhadap harga beras dipasaran, sehingga dalam waktu seminggu terakhir harga beras sudah mulai turun, meskipun belum sampai ke harga normal.

"Sekarang sudah mulai turun, untuk beras medium Rp14.000 dan premium di harga 16.500, semoga saja bisa turun lagi,"harap Nuryanti salah satu pedagang beras dipasar Legi Parakan.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres