278 Peserta Wonosobo Berebut Tiket Maju MTQ Tingkat Provinsi Jateng

278 Peserta Wonosobo Berebut Tiket Maju MTQ Tingkat Provinsi Jateng

MTQ. Pembukaan MTQ ke 30 Kabupaten Wonosobo di Pendopo Bupati-Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak 278 orang memeriahkan gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kabupaten Wonosobo, Rabu 6 Maret 2024.

Seluruh peserta unjuk kebolehan di masing-masing cabang lomba. Mereka merebutkan tiket untuk menuju MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ke-24.

"Ini untuk persiapan MTQ ke-24 provinsi. Pastinya untuk memperoleh peluang maju kemudian ke tingkat nasional," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Wonosobo, H Panut dalam wawancara di Pendopo Kabupaten.

BACA JUGA:Hujan Deras Guyur Wonosobo, Bahu Jalan Nasional Longsor

H Panut menyampaikan, seluruh peserta akan saling adu kemampuan di setiap cabang lomba.

Setidaknya, ada 20 cabang yang diperlombakan dengan ketentuan berlaku. Diikuti peserta kategori anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Peserta lomba merupakan orang-orang yang telah diseleksi di masing-masing kecamatan.

Dari 15 kecamatan se-Kabupaten Wonosobo, jumlah peserta yang terjaring mengikuti ajang ini sebanyak 278 orang.

H Panut mengungkapkan, peserta terbanyak dari kafilah atau perwakilan Kecamatan Mojotengah, yaitu sebanyak 49 orang. Kata dia, hal itu dikarenakan kecamatan tersebut banyak berdiri Pondok Pesantren (ponpes) dan sekolah berbasis islami.

BACA JUGA:Dorong Kualitas Pelaku UMKM di Wonosobo, 45 Orang Dilatih Manajemen Keuangan

"Kecamatan Mojotengah ini ada dua pesantren besar dan biasanya pesertanya bagus-bagus. Ada di Ponpes Al-Asy'ariyah Kalibeber dan Ponpes Al-Mubarok Maggisan. Selain itu masih banyak ponpes besar di sana, sehingga pesertanya juga banyak," terangnya.

Setelah Mojotengah, peserta terbanyak disusul Kecamatan Selomerto, terdapat 25. Lalu Kejajar 23 orang, Sapuran 22 orang, dan Kecamatan Wonosobo sebanyak 21 orang.

Selanjutnya ada 20 orang dari Kecamatan Leksono, Garung 16 orang, Kalibawang 16 orang, Kalikajar 15 orang, Kertek 15 orang, Wadaslintang 14 orang, Watumalang 12 orang, Kepil 11 orang, Sukoharjo 10 orang, dan Kecamatan Kaliwiro sebanyak 9 orang.

Total peserta dari setiap kafilah atau perwakilan kecamatan itu mengikuti berbagai cabang lomba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres