Ayat Alquran Tentang Rasa Cemas, Membawa Kesejukkan Hati dan Pikiran!

Ayat Alquran Tentang Rasa Cemas, Membawa Kesejukkan Hati dan Pikiran!

Ayat Alquran Tentang Rasa Cemas-Fernanda @cferdophotography-Unsplash

MAGELANGEKSPRES -- Ayat-ayat Alquran menjadi lantunan penyejuk hati yang dapat menenangkan hati serta pikiran.

Perasaan cemas yang menggundahkan hati membuat manusia begitu gusar dan tak jarang membuatnya jauh dari ibadah akibat fokus dengan permasalahannya didunia.

Padahal segala kecemasan manusia, dapat terasa lebih ringan bila ikut menyertakan Allah SWT dalam setiap doa guna meminta ke ridho-annya.

Seperti di bulan Ramadan yang penuh berkah ini manusia dianjurkan memperbanyak ibadah seperti membaca Alquran guna meminta pertolongannya sebagai sang maha pengasih.

Sebagaimana dikutip melalui Jurnal Walisongo, Alquran adalah media penyembuhan jiwa yang dapat menekan emosi positif serta menguatkan jiwa seseorang.

Susunan ayat serta gelombang suara Alquran juga menjadi daya gugah seseorang yang dapat menenangkan hati menusia.

Sebagaimana tafsiran Ayat Alquran berikut ini yang mengajak para umatnya untuk beriman agar mendapatkan ketentraman.

Ayat Alquran Agar Hidup Tentram

Surah Ar Ra'ad Ayat 28

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Latin: Allazina amanụ wa tatma 'innu qulubuhum bizikrillah, ala bizikrillahi tatma 'innul-qulub

Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Ayat Alquran surah Ar Ra'ad ayat 28 menjadi sebuah ajakan kepada manusia untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mendapatkan ketentraman dalam hidupnya.

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat dengan memperbanyak amalan baik seperti melakukan sunnah, bersedekah, berpuasa, hingga membaca Alquran itu sendiri.

Ayat Alquran Meminta Pertolongan Allah SWT

Al-Kahfi ayat 10

رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.

Ayat ini menafsirkan doa pemuda Ashabul Kahfi yang tengah berlindung di dalam gua. Ayat ini dapat dibaca sebagai dzikir harian untuk menghalau cemas, kegalauan, sedih, dan gelisah.

Al-Maidah ayat 16

يَّهْدِيْ بِهِ اللّٰهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهٗ سُبُلَ السَّلٰمِ وَيُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ بِاِذْنِهٖ وَيَهْدِيْهِمْ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ

Artinya: Dengan kitab itulah Allah SWT memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus.

Ayat Alquran Al-Maidah ayat 16 kian mengajak pada umat manusia agar selalu bertaqwa kepada Allah SWT.

Itulah penafsiran ayat Alquran yang senantiasa mengajak manusia untuk mendekatkan diri kepadanya sebagai media penentram hati (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: