Dishub Temanggung Pasangi Paku Mata Kucing, Kurangi Kecelakaan di Musim Mudik Lebaran

Dishub Temanggung Pasangi Paku Mata Kucing, Kurangi Kecelakaan di Musim Mudik Lebaran

PASANG. Salah satu pekerja sedang memasang mata kucing di jalan Jend Sudirman Kota Temanggung. -Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG,  MAGELANGEKSPRES -Untuk mengurangi angka kecelakaan saat arus mudik dan balik pada perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Kabupaten Temanggung, Dinas Perhubungan Kabupaten setempat memasang paku jalan (mata kucing) disalah satu jalan protokol di Kabupaten penghasil tembakau ini.

Kepala Bidang Pengelolaan Perhubungan Dishub Temanggung Agus Setiyawan mengatakan, salah satu jalan protokol yang sudah dipasang mata kucing adalah jalan jendral Sudirman, karena jalan ini aktivitas lalu lintasnya cukup padat.

"Apalagi kalau saat arus mudik dan balik, jalan Jendral Sudirman ini menjadi jalan utama. Sehingga kondisinya sangat ramai,"terangnya Senin kemarin.

BACA JUGA:Disperinaker Pelototi Pembagian THR, 114 Perusahaan di Temanggung Dikirimi Surat

Ia mengatakan, Temanggung menjadi salah satu jalur mudik  dari arah barat ke timur atau dari arah Jakarta ke Surabaya, jalur lalu lintas Temanggung menjadi jalur alternatif mudik yang masuk ke dalam jalu tengah.

Ia berharap, dengan pemasangan paku jalan atau mata kucing ini bisa membantu penguna jalan, terutama saat malam hari. Sehingga tidak banyak penguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat yang keluar marka jalan.

"Fungsinya sebagai penanda marka jalan lebih jelas pada malam hari, Paku jalan ini fungsinya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan terutama pada malam hari. Karena pada waktu malam mata kucing itu ketika terkena sinar dari lampu akan memantulkan kembali cahayanya,"jelasnya.

Ia menjelaskan, pemasangan paku jalan ini merupakan salah satu persiapan untuk persiapan mudik lebaran.

BACA JUGA:Pemkab Temanggung Kirim Sayuran ke Pengungsi Banjir

Pada tahun ini dinas perhubungan kabupaten Temanggung mendapatkan bantuan berupa paku jalan sejumlah 200 butir.

Dimana jumlah tersebut jika dialokasikan sepanjang kurang lebih tiga kilometer.

"Ini kolaborasi sinergitas antara pusat dan daerah, kita mendapatkan berupa bantuan teknis, kita terima jadi pemasangan paku jalan atau lebih familier biasanya sering disebut dengan nama mata kucing,"katanya.

Paku Jalan atau mata kucing ini merupakan perlengkapan jalan yang dilengkapi dengan pemantul cahaya reflektor berwarna putih yang dapat berfungsi dalam kondisi permukaan jalan kering maupun basah, khususnya pada cuaca gelap dan malam hari.

Agus menambahkan dengan pemasangan paku jalan ini diharapkan kewaspadaan pengguna jalan meningkat, artinya bahwa mempermudah pengguna jalan dalam mengetahui posisi kendaraan berada di lajurnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres