Kedatangan Menkop UKM, Pemkab Wonosobo Beberkan Industri Tekstil di Daerah Terseok-seok

Kedatangan Menkop UKM, Pemkab Wonosobo Beberkan Industri Tekstil di Daerah Terseok-seok

TINJAU. Menkop UKM, Teten Masduki tinjau proses produksi benang dari serat rami di Wonosobo.-istimewa-Magelang Ekspres

Kata Teten, proses pengembangan serat rami menjadi sebuah hasil benang atau kain jadi, membutuhkan waktu yang tak sedikit, terlebih di antara prosesnya meliputi pemisahan serat, hingga ke pemintalan.

Kunjungan kerja Menkop UKM ni adalah tahap awal dari proses peninjauan lapangan, terkait produksi budidaya dan usaha serat alami, khususnya komoditas rami di Kabupaten Wonosobo.

Nantinya akan pihak kementerian akan berikan dukungan pengembangan usaha melalui hibah rumah produksi dari pemerintah, sekaligus memberikan arahan ikhwal pembentukan sebuah koperasi untuk keperluan investasi jangka panjang.

Dalam pengembangannya, menurut Teten, hasil industri ini bisa menjadi mode fashion yang memiliki keunikan tersendiri sebagai kearifan lokal, dan ini bisa menjadi substitusi impor dari bahan baku, misal seperti batik dan produk dalam negeri lainnya.

“High end product, produk yang berbasis keunggulan domestik dan customize, harus bisa menghidupkan ekonomi lokal, yang ke depan akan mampu kolaborasi bersama fashion desainer untuk menjadi sebuah output turunan dari serat rami," tutupnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres