Netizen Bandingkan Balon Udara di Magelang Merusak Rumah Warga dengan Tradisi di Wonosobo yang Estetik

Netizen Bandingkan Balon Udara di Magelang Merusak Rumah Warga dengan Tradisi di Wonosobo yang Estetik

Ilustrasi penerbangan balon udara estetik di Wonosobo yang lebih aman ketimbang balon udara liar disertai dengan ledakan petasan-Pexels-ISTIMEWA

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Banyaknya kasus balon udara yang jatuh dan menimpa rumah warga di Magelang menimbulkan reaksi beragam dari netizen. Warganet menyarankan agar masyarakat Magelang yang hobi menerbangkan balon udara saat momen Idulfitri bisa mencontoh festival balon di Wonosobo.

“Tiru tradisi di Wonosobo, menerbangkan balon udara warna warni dan cantik, tapi dikasih tali supaya nggak kemana-mana. Lebih aman sih,” tulis netizen di X.

Memang di Wonosobo, setiap tahun saat momen Idulfitri selalu menggelar tradisi menerbangkan balon udara.

BACA JUGA:Pelaku Penerbangan Balon di Magelang Siap Bayar Ganti Rugi Buntut Kerusakan Rumah Warga

Namun, berbeda dengan cara penerbangan balon di Magelang yang membawa serta petasan, tradisi penerbangan balon udara di Wonosobo lebih aman. Sebab, setiap balon udara yang diterbangkan diikat dengan tali.

Pemkab Wonosobo menggelar kegiatan rutin ini dalam Festival Mudik Lebaran tahun 2024.

Alasan balon diikat dengan tali supaya tidak terbang secara liar dan tidak membahayakan masyarakat.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Festival Balon Udara Wonosobo 2024 Siap Luncur Setelah Lebaran

Pemandangan balon udara berwarna warni di Wonosobo disebut netizen lebih estetis ketimbang menerbangkan balon secara liar, apalagi ditambah dengan petasan.

“Bukan ngece (ngejek), mau bilang SDM rendah juga kurang pantas. Tapi di Wonosobo lebih indah dibanding meledakkan petasan di udara. Ganggu aktivitas orang, ditambah kalau jatuh berpotensi menimbulkan kebakaran dan kerusakan,” cuit netizen lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Jumat, 12 April 2024 lalu, balon udara membawa serta puluhan petasan jatuh dan meledak di Perumahan Pesona Mungkid, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:Terjadi Lagi, Petasan Meledak di Magelang 5 Rumah dan 1 Mobil Rusak

Kejadian itu membuat setidaknya 5 rumah warga rusak dan 1 mobil mengalami kerusakan ringan.

Tidak hanya itu, di Kecamatan Borobudur, balon udara juga jatuh menimpa 1 rumah warga hingga rusak parah di bagian atapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres