Setelah Vakum 4 Tahun, Perayaan Grebeg Gethuk Kembali Digelar di Kota Magelang

Setelah Vakum 4 Tahun, Perayaan Grebeg Gethuk Kembali Digelar di Kota Magelang

Disdikbud Kota Magelang saat Jumpa Pers terkait kegiatan Grebeg Gethuk pada Kamis, (25/4/2024).)--

"Palawija itu sendiri merupakan lambing kesuburan, yang pada akhirnya akan dinikmati oleh masyarakat dan kami menyimbolkan dengan grebeg," katanya.

Sedangkan Festival Gethuk yang terselenggara dari 26 April hingga 28 April 2024 itu akan mengeksplorasi macam-macam gethuk dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

“Daerah penghasil jajanan gethuk yang kami ajak, seperti dari Temanggung, Sragen, Karanganyar, Banyumas, Klaten, Kebumen, Kabupaten Semarang, Salatiga, dan yang terdekat Kabupaten Magelang,” katanya.

BACA JUGA:Walikota Magelang Melepas 160 Atlet Pelajar Kota Magelang Untuk Berlaga di Popda Tingkat Karesidenan Kedu 2024

Terdapat 90 stan khusus olahan gethuk, selain itu pada Festival Gethuk juga menampilkan berbagai pameran dari produk-produk usaha kecil warga Kota Magelang.

Terdapat produk kerajinan, asessories, kriya seni budaya, ekonomi kreatif (ekraf), busana, kuliner tradisional, heritage, dan sebagainya.

Event Grebeg Gethuk menjadi ruang ekspresi, edukasi, sekaligus mengangkat potensi dan kearifan lokal yang berkaitan dengan kuliner, seni budaya, ekonomi kreatif, sejarah, serta mengangkat pariwisata yang ada di lingkup regional maupun nasional.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres