Hadir Pelantikan PPK, Bupati Wonosobo Sebut Pilkada Rentan Godaan

Hadir Pelantikan PPK, Bupati Wonosobo Sebut Pilkada Rentan Godaan

PPK. Bupati Afif hadir dan menjabat tangan anggota PPK terlantik di Gedung Korpri Wonosobo.-Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Hadir di tengah puluhan anggota PPK terpilih yang dilantik oleh KPU Wonosobo, Bupati Afif Nurhidayat memberikan pernyataan imbauan.

Ia menilai, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) rentan godaan-godaan berseliweran.

"Saya mengutip dari teks pakta integritas yang disampaikan salah satu anggota PPK, bahwa momen seperti ini cukup rentan godaan. Tapi saya meyakini, niat baik rekan semuanya, dengan berkaca ke capaian pelaksanaan Pemilu lalu, akan meningkatkan kualitas dan komitmen bersama," jelasnya.

BACA JUGA:KPU Wonosobo Siapkan Cadangan Jika Ada PAW PPK Terpilih di Pilkada

Diketahui, KPU Wonosobo telah mengumumkan daftar PPK terpilih pada Rabu (15/5) kemarin. Total sebanyak 75 orang dilantik, diambil sumpahnya, dan menandatangani pakta integritas di Gedung Korpri setempat, Kamis (16/5) pagi.

Afif berharap, 75 orang petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tersebut bisa mengemban amanah dengan baik. Ia menegaskan, Pemilukada musti diselenggarakan dan tercipta iklim demokrasi yang sejuk

“Jangan sampai Pemilukada yang sudah melalui proses panjang dan banyak biaya dikeluarkan ini dapat menghasilkan output yang tidak maksimal. Mari kita bangun iklim demokrasi yang sejuk, partisipasi pemilihnya meningkat, sehingga mendapat capaian yang baik dan berkualitas,” pinta Afif dalam sambutanya.

Dirinya juga meminta supaya petugas selalu menjaga integritas, memahami aturan dan selalu koordinasi dengan atasan bahwa dinamika aturan umumnya sangat cepat berubah serta berkembang.

“Integritas menjadi kunci dalam hal pekerjaan apapun, kami akan selaku pemerintah daerah akan selalu berupaya untuk memfasilitasi dengan optimal terkait dengan teknis untuk memperlancar kinerja semuanya," tandasnya.

BACA JUGA:Bacabup-bacawabup Jalur Independen di Wonosobo Nihil Pendaftar

Ketua KPU Wonosobo, Ruliawan Nugroho mengatakan, anggota PPK yang sudah dilantik ini akan segera menjalani pekerjaannya. Yaitu membantu lembaganya dalam proses pembentukan badan ad hoc lainnya, seperti Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Kata Ruliawan, KPU membutuhkan sebanyak 795 anggota PPS yang nantinya akan disebar ke 265 desa/kelurahan di Wonosobo. Untuk setiap desa/kelurahan, setidaknya butuh 3 orang anggota PPS.

"Seluruh PPK yang baru saja kita lantik hari ini langsung bekerja karena kita akan melaksanakan rekrutmen PPS di 15 kecamatan, langsung mengawasi ujian, tidak ada jeda waktu lagi," tegasnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres