Pemkot Magelang Terus Dorong Sosialisasi Pengaktifan Identitas Kependudukan Digital untuk Pelajar

Pemkot Magelang Terus Dorong Sosialisasi Pengaktifan Identitas Kependudukan Digital untuk Pelajar

Sosialisasi IKD Pelajar, Rabu, 22 Mei 2024-Prokompim Kota Magelang-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Sosialisasi Pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi pelajar SMA/SMK terus didorong Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang.

Menurut Plt Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang, Susilo, adanya pengaktifan IKD menjadi kunci koneksi dan integrasi dengan pelayanan masyarakat dan dianggap penting karena kedepannya akan berubah menjadi Single Sign On (SSO).

“Penting untuk pengaktifan IKD ini, pelajar dapat terkoneksi dan terintegritas dengan pelayanan sosial, kesehatan, Pendidikan, dan pelayanan untuk masyarakat lainnya,” terangnya baru baru ini di Gedung Wanita Kota Magelang pada Rabu, 22 Mei 2024.

Dia mengungkapkan, sosialisasi ini bertujuan guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa-siswi SMA/SMK di Kota Magelang dalam program IKD.

BACA JUGA:Pengurus Universal Line Dance Kota Magelang 2024-2027 Dilantik, Tagret Menang di FORDA dan FORNAS

Pihaknya melanjutkan, dengan adanya sosialisasi IKD dapat mengenalkan percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional.

Selain itu, sosialisasi ini juga sebagai pemberitahuan bagi pelajar dengan adanya perekaman KTP secara elektronik (KTP-el) khususnya untuk pemula.

Disebutkan bahwa IKD akan segera dimanfaatkan sebagai SSO dalam layanan pemerintah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dengan capaian target nasional IKD sebesar 30 persen.

“Adapun Kota Magelang sudah mencapai 24,48 persen untuk capaian IKD-nya, tertinggi di Jawa Tengah. Terhitung dari tanggal 15 Mei 2024,” ungkapnya.

BACA JUGA:Panwascam Pilkada Kota Magelang Dilantik, Ini Tugas Perdananya

Katanya, sosialisasi ini sebagai langkah dalam mempercepat upaya peningkatan perekaman identitas kependudukan secara digital.

“Sosilasisai ini juga sebagai upaya untuk menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Magelang di tahun ini (2024),” katanya.

Sejauh ini, ungkap Susilo, perekaman KTP-el di Kota Magelang sudah mencapai 99,76 persen.

Dia menyebutkan, terdapat stok blanko yang mumpuni untuk penerbitan KTP-el usia pemula menyongsong Pilkada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres