Perbanyak Amal Sholeh di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijah, Pahalanya Melebihi Jihad di Jalan Allah

Perbanyak Amal Sholeh di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijah, Pahalanya Melebihi Jihad di Jalan Allah

Perbanyak Amal Sholeh di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijah, Pahalanya Melebihi Jihad di Jalan Allah--

MAGELANG EKSPRES- Ada sejumlah amal sholeh yang berkumpul di bulan Dzulhijah yang tidak ditemukan pada bulan-bulan lain. Diantara amal sholeh tersebut adalah haji, qurban dan shalat Idul Adha.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amal sholeh pada 10 hari pertama bulan Dzulhijah.

Sebab, amal sholeh yang dikerjakan pada bulan tersebut paling dicintai Allah Ta'ala.

Bahkan melebihi  dari jihad di jalan Allah. Kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun.

BACA JUGA:Sembelihan Jagal yang Tidak Shalat, Kata Ustadz Ammi Nur Baits : Dagingnya Haram Dimakan

Walaupun amalan yang dikerjakan pada  10 hari pertama bulan Dzulhijjah kurang afdhol (alias ‘mafdhul’) tetap bernilai utama dibanding dengan amalan yang dilakukan di hari-hari lainnya.

Di antara yang menunjukkan keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah adalah hadits Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.“

Maka hendaklah kita berusaha memperbanyak amal sholeh sesuai kemampuan, seperti puasa, shalat sunnah, sedekah, silaturahim, membaca Al Qur'an, memperbanyak dzikir menghadiri kajian, membantu orang lain, haji bagi yang mampu dan masih banyak amal-amal sholeh lainnya. Meskipun hanya amalan ringan namun bisa mendatangkan pahala besar karena dikerjakan pada waktu yang berkah.

BACA JUGA:Ketentuan Hewan Qurban dan Tuntunan Penyembelihan Qurban Menurut Sunnah

Diantara amal-amal sholeh yang disebutkan maka ada 3 amalan yang harus diprioritaskan yakni :

1. Memperbanyak Dzikir

Dzikir adalah termasuk amal sholeh yang sangat dicintai Allah. Maka Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam menganjurkan umatnya untuk memperbanyak dzikir di waktu yang mulia yakni 10 hari pertama bulan Dzulhijah.

Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: