Meraih Ladang Pahala yang Besar dengan Memakmurkan Masjid

Meraih Ladang Pahala yang Besar dengan Memakmurkan Masjid

Meraih Ladang Pahala yang Besar dengan Memakmurkan Masjid--

MAGELANG EKSPRES- Masjid akan menjadi ladang pahala bagi umat Muslim yang senantiasa memanfaatkannya dengan melakukan amal-amal kebaikan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam.

Bukankah masjid adalah tempat di muka bumi ini yang paling dicintai Allah Ta'ala. Maka setiap amalan kebaikan yang berkaitan dengan tempat yang paling dicintai Allah Ta'ala itu pasti akan digantikan dengan pahala yang melimpah.

Masjid adalah sebaik-baik tempat di muka bumi karena di dalam masjid adalah tempat berdzikir kepada Allah, beribadah dengan mendirikan shalat, membaca Al-Qur’an serta mengajarkan agama.

BACA JUGA:Masjid Sebaga Ladang Pahala, Belajar dan Mengajarkan Kebaikan di Masjid Dihitung Pahala Haji yang Sempurna

Memakmurkan masjid dengan amal-amal kebaikan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam, semoga bisa menjadi ladang pahala bagi siapa saja yang dengan penuh keikhlasan mau mengerjakannya.

Allah Ta’ala berfirman,

فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللَّهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ

“Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang.” (QS. An-Nuur: 36)

Maksud ayat tersebut adalah kita diperintahkan untuk meninggikan masjid, yakni mengagungkan Allah di dalam masjid-masjid yang telah dibangun.

Berdzikir kepada Allah pada setiap pagi dan petang, maksudnya dilaksanakan shalat Shubuh dan Ashar.

Syaikh As-Sa’di rahimahullah berkata dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa memakmurkan masjid itu ada dua bentuk yakni :

1. Memakmurkan bangunannya, dengan membangun dan menjaga kebersihannya.

2. Memakmurkan dengan berdzikir kepada Allah, melaksanakan shalat, serta melakukan ibadah lainnya di dalamnya.

Oleh karena itu disyariatkan shalat lima waktu dan shalat Jumat di masjid. Hukum shalat berjamaah bagi laki-laki wajib menurut kebanyakan ulama, sebagian lainnya menganggap sunnah. Allah Ta’ala memuji untuk orang yang menghidupkannya dengan berdzikir (bertasbih) dengan ikhlas pada pagi dan petang.

BACA JUGA:Masjid Bisa Menjadi Ladang Pahala, Setiap Langkah ke Masjid Dihitung Sedekah dan Menghapus Dosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: