Kemeriahan Grebeg Suro Gunung Tidar, Ini Jadwal dan Agendanya

Kemeriahan Grebeg Suro Gunung Tidar, Ini Jadwal dan Agendanya

Kemeriahan Grebeg Suro 2024 di Gunung Tidar-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Kebun Raya Gunung Tidar bekerjasama dengan masyarakat setempat menggelar rangkaian perayaan Grebeg Suro 2024.

Kegiatan tersebut digelar 5 hingga 6 Juli 2024 di kompleks Kebun Raya Gunung Tidar, Kota Magelang.

Acara dibuka dengan sajian Gedrug Tidar Rimba dan berbagai kesenian rakyat lainnya seperti Topeng Ireng hingga Dolalak.

Rangkaian perayaan 1 Suro semakin semarak dengan adanya Kirab Tumpeng dan Ritual Adat di puncak Gunung Tidar yang dipandu masyarakat dan sesepuh warga setempat.

BACA JUGA:Grebeg Suran Lintas Agama dan Budaya Sarana Perekat Umat

Kepala UPT Gunung Tidar Muwahidin menyebut, seluruh kegiatan diinisiasi masyarakat sekitar dan difasilitasi pengelola Gunung Tidar.

"Ini termasuk kegiatan tahunan, selain merayakan 1 Muharam, juga sebagai bentuk upaya nguri-uri budaya Jawa," ujar Muwahidin saat ditemui Magelang Ekspres, Jumat 5 Juli 2024.

Terlebih, pada musim liburan ini, adanya rangkaian Grebeg Sura bisa menambah daya tarik pengunjung Kebun Raya Gunung Tidar.

"Jadi bukan hanya ziarah, tapi juga menyaksikan berbagai kesenian rakyat khas Magelang," imbuhnya.

Sementara itu, masyarakat setempat yang turut terlibat dan menampilkan kesenian Gedrug, Dono (35) mengaku antusias dan sudah berlatih sejak sebulan yang lalu.

Tak hanya menari, Dono juga turut mengikuti upacara grebeg dan kirab tumpeng yang diadakan di malam pergantian tahun Islam, besok.

BACA JUGA:Grebeg Suran di Wonosobo, Baca Ikrar Kebangsaan Serta Doakan Polri

"Masyarakat Jawa khususnya kami di daerah ini percaya, prosesi grebeg sebagai bagian dari ngalap berkah dan memohon agar di tahun yang baru senantiasa dilindungi Tuhan," kata Dono.

Selain berbagai pertunjukan dan upacara adat, Grebeg Suro juga dimeriahkan bazar kuliner dan UMKM yang tak kalah menarik di sepanjang jalan dan panggung utama Kebun Raya Gunung Tidar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: