Ribuan Warga Berebut 15 Gunungan Hasil Bumi di Alun-alun Wonosobo

Ribuan Warga Berebut 15 Gunungan Hasil Bumi di Alun-alun Wonosobo

BEREBUT. Ribuan warga rebutan gunungan hasil bumi di Alun – alun Wonosobo, Rabu 24 Juli 2024.-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES– Ribuan masyarakat Wonosobo tumpang ruah di Alun-alun setempat, Rabu 24 Juli 2024, pada puncak peringatan HUT ke-199. Mereka merebutkan 15 gunungan aneka buah hingga sayuran.

Gunungan tersebut berhiaskan hasil pertanian dari 15 kecamatan di wilayah Kabupaten Wonosobo. Di antaranya, carica, cabai, kubis, wortel, terong, jagung, padi dan aneka jenis buah buahan.

Sebelumnya, 15 gunungan ini dikirab dari pendapa Kabupaten Wonosobo menuju alun-alun dengan diiringi tarian dan musik drumband.

BACA JUGA:Puncak HUT ke-199 Wonosobo, Ada Boneka Lengger Raksasa Diarak

Gunungan dipamerkan di tengah Alun alun bersamaan dengan penampilan 465 penari, serta ogoh-ogoh berbentuk golek lengger setinggi 3 meter.

“Ada 15 gunungan hasil bumi. Terdiri dari buah ada juga aneka sayuran.  Wonosobo mayoritas petani,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo, Agus Wibowo.

Menurutnya,brebutan gunungan hasil bumi ini merupakan rangkaian peringatan hari jadi ke-199 Kabupaten Wonosobo. Setelah juga kegiatan bedol kedaton dan pengambilan air suci dari 7 sumber mata air dari 4 penjuru mata air.

BACA JUGA:Ziarah Makam Kiai Asmorosufi, Keturunan Brawijaya V yang Membumikan Islam di Kaki Sindoro Sumbing

Warga Wonosobo rela berdesak-desakan demi merebutkan gunungan hasil bumi. Hasil bumi ini dipercaya akan membawa keberkahan saat di makan bersama keluarga. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres