Bawaslu Kota Magelang Imbau Masyarakat Lapor Jika Menemukan Pelanggaran Pilkada

Bawaslu Kota Magelang Imbau Masyarakat Lapor Jika Menemukan Pelanggaran Pilkada

Kegiatan sosialisasi netralitas dan profesionalisme aparatur negara untuk membangun kepercayaan publik dalam Pemilu 2024-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Magelang mengimbau masyarakat agar turut aktif dalam pengawasan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Masyarakat sebagai rantai pertama diminta untuk memberikan informasi awal apabila melihat atau mengetahui tindak kecurangan kaitannya dengan Pilkada 2024," kata Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Periode 2018-2023, Heru Cahyono, di Hotel Atria Magelang, Jumat 25 Juli 2024.

Kemudian, lanjut Heru, masyarakat juga diminta untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pilkada yang rawan terjadi di sekitar, seperti money politik, suap, atau semacamnya.

BACA JUGA:Mirip Bandara, Begini Wajah Terminal Tidar Tipe A Kota Magelang

"Masyarakat juga diimbau untuk turut aktif mengawasi dan memantau tindak pelanggaran di lingkungan tempat tinggal, kantor agar situasi menjelang pesta demokrasi berjalan kondusif," ujarnya.

Selanjutnya, Heru meminta masyarakat khususnya Kota Magelang yang mengetahui tindak kecurangan atau pelanggaran untuk melapor ke Bawaslu agar bisa segera ditindak.

Selain melibatkan masyarakat, Heru menyebut, Bawaslu juga meningkatkan partisipasi publik melalui sekolah kader pengawasan. Pembentukan desa pengawasan, pembentukan desa anti money politik dan program divisi melalui platform media sosial (medsos).

"Terlebih di era sekarang, medsos menjadi corong utama yang bisa membawa dampak positif, namun, jika tidak diawasi, juga sering menjadi pemantik berbagai permasalahan atau munculnya konflik," tuturnya.

BACA JUGA:Pastikan Data Valid, KPU Kota Magelang Lakukan Analisis Data Ganda

Oleh karena itu, Heru menjelaskan, tujuan utama adanya pelibatan mitra pengawasan adalah mencegah terjadinya konflik, menjadikan pemilu berintegritas, meningkatkan kualitas demokrasi, mendorong tingginya partisipasi publik dan membentuk karakter serta kesadaran politik di masyarakat.

"Mari kita jaga dan sengkuyung bersama menuju Pilkada Kota Magelang 2024 yang aman dan nyaman," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres