Arak-arakan Maskot Si Randu Warnai Kirab Budaya Sutan Due Gawe

Arak-arakan Maskot Si Randu Warnai Kirab Budaya Sutan Due Gawe

Cara unik dan kreatif diperagakkan PPS Sumberrejo dan PPK Mertoyudan menyosialisasikan Pilkada Serentak 27 November, lewat kirab budaya dan arak-arakan Maskot Si Randu.-DOKUMEN-PPK MERTOYUDAN

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Cara unik dan kreatif diperagakan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Guna memberikan edukasi masyarakat, terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November mendatang, mereka menggelar sosialisasi berupa pentas seni dan kirab budaya dengan tema “Sutan Due Gawe”, Minggu, 28 Juli 2024.

Ketua Panitia Sutan Due Gawe, Joko Sutrisno menjelaskan beberapa sub kegiatan yang sudah dimulai sejak Jumat, 26 Juli 2024 itu, antara lain kirab budaya, arak-arakan gunungan, drumband, polisi cilik, siswo budaya, hingga kesenian soreng.

"Sedangan acara puncaknya kami menggelar jalan santai yang diikuti tak kurang 700 warga,” ungkap Joko Sutrisno.

BACA JUGA:Pastikan Data Valid, KPU Kota Magelang Lakukan Analisis Data Ganda

Ketua PPS Sumberrejo, Wahyu Sumilir mengatakan latar belakang kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada nanti.

Sebab menurutnya, dengan tingginya partisipasi masyarakat, maka akan terwujud demokrasi positif untuk menentukan pemimpin berdasarkan legitimasi masyarakat.

"PPS Sumberrejo saat ini masih terus aktif menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya 27 November mendatang. Tidak hanya sekarang, karena kami akan terus gencar melakukan sosialisasi terutama di bulan Agustus sampai November nanti,” Jelas Wahyu Sumilir.

BACA JUGA:Wajah Baru Alun-alun Kebumen, Ada Permainan Anak Hingga Jogging Track

Untuk mengoptimalkan sosialisasi tersebut, PPS Kelurahan Sumberrejo dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mertoyudan juga menghadirkan maskot Pilbup Magelang 2024, yakni Si Randu.

Anggota PPK Mertoyudan, Rizki menjelaskan, alasan maskot Si Randu mewarnai kirab budaya dan pentas seni tersebut, karena mereka ingin momentum jelang Pilkada 2024 di Kabupaten Magelang bisa diikuti semua masyarakat yang telah memilki hak pilih.

Si Randu, lanjut dia, adalah maskot Pilbup Magelang 2024 yang diambil dari fauna khas Magelang yaitu Kambing Jawa.

“Maskot Si Randu sendiri merupakan kepanjangan dari Rukun lan Guyub Mbangun Magelang atau Rukun dan kompak membangun Magelang. Kami sampaikan kepada masyarakat dengan membawa Si Randu, agar masyarakat tergugah hatinya dan datang ke TPS pada saat pencoblosan nanti,” ujarnya.

BACA JUGA:MSIB Batch 7 dan Program MBKM Lainnya Tetap Berjalan Simak Timeline Terbarunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: