Mahasiswa KKN UNTIDAR 2024 Angkat Potensi Wisata Alam Kali Udal Gumuk di Desa Treko Magelang

Mahasiswa KKN UNTIDAR 2024 Angkat Potensi Wisata Alam Kali Udal Gumuk di Desa Treko Magelang

Tim KKN UNTIDAR ketika di lokasi Kali Udal Gumuk Desa Treko-Hendri Saputra-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES  - Tim  KKN Universitas Tidar Magelang yang melakukan pengabdian di Desa Treko, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang membantu masyarakat untuk terus mengangkat potensi wisata alam yang mereka miliki.

Pariwisata yang menjadi fokus tim KKN UNTIDAR 2024 ini adalah wisata alam Kali Udal Gumuk di Desa Treko.

Bagas Devano selaku Penanggung Jawab Program Kerja Bidang Pariwisata KKN UNTIDAR 2024 menjelaskan bahwa dalam pengembangan wisata mereka pertama-tama mengadakan forum diskusi membahas terkait manajemen wisata.

BACA JUGA:Mengenal Desti Putri Hardiati, Wisudawan Untidar Pertama dengan IPK 4.00

"Ketika kami melakukan observasi, melihat potensi wisata pada Kali Udal dan ternyata masih perlu penanganan serta pengembangan dari segi manajemen maupun cara pengelolaan wisata, maka kami mengadakan forum diskusi dan juga pendampingan," terang Bagas.

"Dalam forum diskusi serta pendampingan ini kami mengundang narasumber Dosen Pariwisata UNTIDAR untuk memberikan pemahaman terkait manajemen wisata yang baik dan benar, dalam diskusi ini untuk peserta yaitu dari Pemerintah Desa dan para pemuda Desa Treko," imbuhnya.

Bagas juga bercerita bahwa kami juga melakukan investasi jangka panjang untuk  wisata Kali Udal yaitu dengan menanam pohon Tabebuya di area kali.

"Fungsinya untuk lebih menambah keestetikan dan keindahan pada wisata Kali Udal di masa yang akan datang," pungkasnya.

BACA JUGA:Gegara Anak-Anak Bermain Api, Rumah Produksi Sandal di Borobudur Ludes Terbakar

"Kami juga merangkul pemuda disini untuk bikin baliho dan petunjuk arah guna mempermudah wisatawan mencari lokasi Kali Udal dengan mudah, selain itu kami membuat pegangan tangga, menambahkan fasilitas pembuangan sampah demi keamanan serta kenyamanan para pengunjung yang datang disini," ujar Bagas.

Kharojati Khoerunisa selaku Humas Tim KKN UNTIDAR menambahkan  bahwa mereka terus melakukan promosi di sosial media untuk memperkenalkan Wisata Kali Udal Gumuk bisa dikenal masyarakat luas dan meningkatkan perekonomian para pelaku usaha masyarakat area wisata Kali Udal.

"Kami berharap bahwa bisa terbentuk kelompok peduli wisata, fasilitas maupun  manajemen wisata bisa lebih diperbaiki dan dikembangkan lagi, serta juga mitigasi bencana, kami sangat berharap dukungan dari segala elemen khususnya pemerintah maupun masyarakat untuk terus mengembangkan wisata Kali Udal Gumuk di Desa Treko ini," tutup Nisa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres