3 Desa di Magelang Mendapatkan Bantuan Pangan dari Provinsi Jateng

3 Desa di Magelang Mendapatkan Bantuan Pangan dari Provinsi Jateng

PENYERAHAN. Distanpangan Jateng menyerahkan bantuan pangan langsung kepada warga di Balai Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

SRUMBUNG, MAGELANGEKSPRES - Dinas Ketahanan Pangan (Distanpangan) Jawa Tengah menyerahkan bantuan pangan kepada 8 kabupaten, dengan total 22 desa termasuk di 3 desa di Kabupaten Magelang.

Jumlah total sebanyak 1.100 keluarga Rumah Tangga Miskin (RTM) menerima bantuan pangan Tahap 5 dalam rangka intervensi pengendalian kerawanan pangan dan gizi.

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional Nyoto Suwignyo dalam sambutanya menyampaikan bahwa Prevalence of Undernourishment atau ketidakcukupan konsumsi pangan di Kabupaten Magelang masih tinggi mencapai 14 Persen.

BACA JUGA:Upacara 17 Agustus di Kabupaten Magelang, Kenakan Pakaian Adat Mulai Pukul 07.00

’Padahal di Indonesia 8,3 Persen artinya kalau itu tertulis 14 koma sekian persen artinya ada 14 persen penduduk di wilayah ini yang dia tidak mampu melakukan akses pangan dengan baik artinya dia tidak memenuhi kecukupan energi di dalam memberikan asupan makanannya,kemungkinan 14 persen dari penduduk kabupaten magelang ini sebagian besar kalau mendapatkan pendapatan dan gajinya itu hanya untuk memikirkan makan belum memikirkan yang lain,’’ jelasnya saat penyerahan simbolis dilaksanakan di Balai Desa Kradenan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Dyah Lukisari menyampaikan bahwa kegiatan ini mereplikasi atau melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan oleh Badan pangan Nasional di mana Bapannas sudah menyalurkan Intervensi Pengendalian kerawanan Pangan dan sudah selesai dilaksanakan di 8 Provinsi Termasuk Jawa Tengah.

“Kami kemudian melanjutkan apa yang telah dilakukan Bapanas tentu dengan kemampuan anggaran yang ada di kami, jadi kegiatan ini adalah kegiatan penanganan desa rawan pangan dan gizi yang bentuknya adalah pemberian bantuan paket pangan terdiri beras 5 kg, telur 1 kg, daging ayam 1 kg, dan juga susu bubuk,’’ katanya.

BACA JUGA:PPK Ormawa Untidar Beri Pelatihan Aplikasi Digital dan Budidaya Maggot di Daleman Kidul Magelang

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan mengatakan di Kabupaten Magelang terdapat 3 desa yang mendapatkan bantuan, yaitu Desa Ngawonggo di Kecamatan Kaliangkrik, Desa Kradenan Kecamatan Srumbung dan Desa Ketundan di Kecamatan Pakis.

‘’Untuk masing-masing desa nanti dialokasikan dari Distanpangan Jawa Tengah dari sumber dana Bapannas itu nantinya akan diberikan selama 9 bulan sampai bulan Desember dan hari ini adalah yang ke 5 dan dialokasikan masing-masing desa 50 KK miskin dari sumber data DTKS,” kata Romza.

Penyerahan dilakukan secara serentak di 8 kabupaten, Rabu (14/8). Penyerahan simbolis langsung dilaksanakan di Balai Desa Kradenan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang sedangkan 7 kabupaten lain secara daring yaitu Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, Boyolali, Cilacap, Grobogan dan Klaten pada hari yang sama. (hen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres