409 Kg Sampah Diangkut dari Gunung Prau, Ada Kotoran Manusia

409 Kg Sampah Diangkut dari Gunung Prau, Ada Kotoran Manusia

NYATA. Aksi Nyata Revolusi Mental Bersih Gunung Prau dan Kawasan Wisata Alam Dieng-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO ,MAGELANGEKSPRES.COM - Sebanyak 934 kg sampah berhasil dikumpulkan dalam Aksi Nyata Revolusi Mental Bersih Gunung Prau dan Kawasan Wisata Alam Dieng selama dua hari.

Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Deputi Bidang Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Warsito menjelaskan, bahwa aksi itu mencakup beberapa titik operasi bersih di Gunung Prau, meliputi jalur pendakian Patak Banteng, Sunrise Camp, Sunset Area, dan Cemoro Tungal/Sunrise Area Plawangan.

"Aksi Nyata Revolusi Mental Bersih Gunung ini menggerakkan seluruh potensi masyarakat dalam melakukan aksi kebaikan khususnya gerakan Indonesia Bersih demi pelestarian lingkungan," ungkapnya pada penutupan kegiatan Aksi Bersih Gunung Prau dan Dieng belum lama ini.

BACA JUGA:Akhirnya Pilkada 2024 Wonosobo Tanpa Kotak Kosong

Menurutnya, kegiatan yang berlangsung pada 28-29 Agustus 2024 itu juga diisi kampanye zero waste juga dilakukan di kawasan wisata alam Sikidang dan Candi Arjuna.

"Paska kegiatan penting untuk memastikan bahwa upaya yang telah dilakukan ini dapat memberi dampak yang berkelanjutan," imbuhnya.

Pihaknya juga menambahkan gunung merupakan simbol kehidupan, seperti dalam pewayangan gunung menjadi pembuka dan penutup gelaran. Jika hulunya bersih maka hilirnya juga bersih.

"Dengan menjaga kebersihan gunung, kita menjamin kelestarian alam untuk generasi berikutnya," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Aksi Nyata Revolusi Mental Bersih Gunung Prau, Panca Yudha Dirgantara mengatakan bahwa dalam aksi bersih gunung Prau ditemukan sampah-sampah menarik misalnya  sampah "purba" berupa barang-barang yang tertera tahun 2003, dan 2005, dan 2010.

BACA JUGA:Bawaslu Wonosobo Petakan Titik Rawan saat Kampanye dan Pungut Hitung

Selain itu ada juga sampah berupa kotoran manusia di dalam plastik yang menjadi potret bahwa belum semua pendaki sadar bahwa perbuatan mereka bisa berimbas pada alam dan manusia lain.

"Manusia ditakdirkan menjadi khalifah di muka bumi, termasuk di dalamnya menjaga dan memberi hak kepada alam untuk tetap lestari demi kebaikan kehidupan umat," katanya.

Dari kegiatan bersih Dieng tersebut, ratusan peserta yang diterjunkan di sejumlah titik di kawasan Dieng berhasil mengumpulkan 953 kg sampah, Dengan rincian 409 kg dari Gunung Prau dan 525 kg dari Kawasan Wisata Alam Kawah Sikidang. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres