Bacabup Wonosobo Jalani Tes Kesehatan, Jika Tak Sehat Bisa TMS

Bacabup Wonosobo Jalani Tes Kesehatan, Jika Tak Sehat Bisa TMS

PEMERIKSAAN. Dua pasangan bakal calon bupati wakil bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat - Amir Husein serta pasangan Khairul Al Mujtaba - Sidqi Ferin Diana menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto.-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM - Dua pasangan bakal calon Bupati - Wakil Bupati Wonosobo menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto.

Jika hasil dinyatakan tidak sehat mereka bisa terancam tidak bisa ikut dalam kontestasi pilkada. Bisa saja berstatus Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Jadi, proses pemeriksaan dilakukan selama dua hari di Rumah Sakit Magono, sehari istirahat, dan sehari untuk jalani pemeriksaan.

BACA JUGA:Akhirnya Pilkada 2024 Wonosobo Tanpa Kotak Kosong

Sehingga mereka berstatus sebagai pasien rawat inap," ungkap Ketua KPU Wonosobo Ruliawan Nugroho.

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan di ruangan, dokter yang datang. Karena dilakukan bersama dengan enam kabupaten/kota, sehingga ada tingkat kerawanan dan kerahasiaan yang perlu dijaga.

"Di hari pertama kedua pasangan bakal calon menjalan pemeriksaan tes urin dan tes kejiwaan," imbuhnya.

Sedangkan pemeriksaan yang lebih lengkap akan dilakukan pada hari kedua. Ada treadmill dan cek fisik yang lainnya.

BACA JUGA:Satpol PP Wonosobo Sita 515 Bungkus Rokok Tanpa Cukai

"Hasilnya itu akan diserahkan pada tanggal 4 September 2024, setelah kita akan lakukan pleno bersama dengan pihak tim kesehatan rumah sakit," terangnya.

Berkaitan dengan hasil nanti dinyatakan sehat dan tidak sehat, maka akan disampaikan dalam rapat. KPU sendiri menilai bahwa posisi rumah sakit independen.

"Kalau misalnya hasilnya tidak sehat, ya kita sampaikan sebagai tidak sehat. Dan nanti akan kita plenokan di tingkat KPU Kabupaten untuk menyampaikannya. Rumah sakit itu independen, jadi jika dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan, nanti tidak bisa lanjut," katanya.

Setelah medical check-up, tahapan berikutnya adalah verifikasi berkas secara administrasi, seperti ijazah. KPU mungkin akan melakukan verifikasi faktual juga.

BACA JUGA:409 Kg Sampah Diangkut dari Gunung Prau, Ada Kotoran Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres