Tawarkan Aplikasi Digital TernakKu, Mahasiswa Polbangtan Kementan Sabet Juara PIPTK

Tawarkan Aplikasi Digital TernakKu, Mahasiswa Polbangtan Kementan Sabet Juara PIPTK

Wakil Direktur 3 Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Budi Purwo Widiarso secara langsung menyerahkan piagam penghargaan pada saat apel (9/10/2024)--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA), perguruan tinggi vokasi milik Kementerian Pertanian (Kementan) sabet Juara 3 Essai dalam Pekan Ilmiah Perguruan Tinggi Kedinasan (PIPTK) Tahun 2024.

Annisa Nur Jannah, mahasiswa program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan semester 7 ini menawarkan aplikasi digital bertajuk TernakKu. Inovasi digital berbasis aplikasi mobile ini, Ia rancang untuk membantu meningkatkan produktivitas peternak.

Sebagai generasi muda, Ia menyadari perannya sebagai kunci untuk memperkenalkan praktik peternakan modern yang berkelanjutan, seperti penggunaan teknologi dan manajemen yang berorientasi pada keberlanjutan lingkungan.

Disampaikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, penggunaan teknologi dalam mengelola Pertanian sangat esensial. Karena akan menjadikan Pertanian Indonesia semakin tangguh dalam menyediakan pasokan pangan.


Annisa Nur Jannah, mahasiswa Polbangtan YOMA semester 7 melalui aplikasi digital TernakKu, sabet Juara 3 Essai Pekan Ilmiah Perguruan Tinggi Kedinasan (PIPTK) Tahun 2024--


"Teknologi mampu menjadikan pertanian Indonesia jauh lebih kuat dan tahan terhadap berbagai ancaman," kata Mentan Arman.

Senada, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti menyebutkan petani muda memiliki peran krusial dalam menjaga ketahanan pangan global.

“Petani muda mari kita bangun masa depan pertanian yang lebih baik dan lebih berkelanjutan,” ajaknya.

Ditemui dalam wawancara, Annisa menyebutkan potensi tenaga kerja muda yang terampil dan inovatif dapat membawa perubahan positif yang signifikan, meningkatkan kontribusi peternakan terhadap perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat.

“Aplikasi TernakKu memberikan pengalaman beternak secara digital melalui paket usaha ternak yang ditawarkan, sehingga masyarakat dapat terlibat langsung dalam pemilihan hewan, pemantauan kondisi hewan, sampai dengan penjualan hewan ternaknya.” jelas Annisa.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan paket usaha ternak seperti PUTS (Paket Usaha Ternak Sapi) dan PUTD (Paket Usaha Ternak Domba), serta produk musiman Qurban, My Feed dan My Record yang semuanya memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pengelolaan ternak secara digital.

“Aplikasi TenakKu juga dilengkapi dengan fitur - fitur seperti live monitoring 24/7, informasi interaktif, dan keamanan yang terjamin” paparnya.

Sehingga dengan adanya Aplikasi TernakKu, Annisa berharap dapat membantu peternak mengelola usaha mereka dengan lebih baik.

Wakil Direktur 3 Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Budi Purwo Widiarso secara langsung menyerahkan piagam penghargaan pada saat apel (9/10/2024).

Budi mengapresiasi Annisa yang telah mendesain aplikasi ini. Ia berharap TernakKu dapat dilanjutkan ke tahap produksi, sehingga bisa menjadi media edukasi peternak muda yang mudah diakses dimana saja. (Osi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: