Mata Air Sripungaten Segera Tuntas, Masyarakat Magelang Selatan Tak Sulit Lagi Dapat Air Bersih

Mata Air Sripungaten Segera Tuntas, Masyarakat Magelang Selatan Tak Sulit Lagi Dapat Air Bersih

Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang, Bambang Pulunggono menyebut jika pembangunan mata air Sripungaten tuntas, maka pelanggan Magelang Selatan bisa dapat aliran 24 jam-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Pembangunan mata air Sripunganten digadang mampu meningkatkan pasokan air untuk masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya hingga 24 jam.

"Beberapa daerah di Kota Magelang seperti Kelurajan Jurangombo Selatan, Jurangombo Utara, dan Magersari masih ada yang 12 jam, maka dengan selesainya pembangunan Sripunganten nanti bisa meningkat jumlahnya," kata Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang, Bambang Pulunggono, Kamis 26 September 2024.

Lebih lanjut, Bambang menuturkan, adanya mata air Sri Punganten diprediksi mampu melayani kurang lebih 700 sambungan baru (SR).

"Saat ini yang mendaftar sudah 710 SR, peminatnya juga semakin banyak," jelas Bambang.

BACA JUGA:PDAM Kota Magelang Sambut Positif Pembangunan Mata Air Sripungaten yang Segera Tuntas

BACA JUGA:Akses Air Bersih Lebih Mudah: PDAM Kota Magelang Hadirkan Program Tandonisasi

Meski proyek hibah Sripunganten adalah milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), namun nantinya akan diberikan dan dikelola PDAM Kota Magelang untuk melayani masyarakat dan pelanggan.

"Pengerjaannya akan selesai sekitar bulan Oktober 2024, kami berharap sekaligus optimistis proyek tersebut selesai tepat waktu," jelas Bambang.

Bambang menyebut, faktor yang membuat wilayah Magelang Selatan kesulitan mendapatkan suplay air melimpah karena kondisi topografi dan mata air yang terbatas.

"Selain itu, khusus di wilayah Magelang Selatan, kita harus menghidupkan pompa listrik dan diesel, karena kecenderungan lokasinya memiliki topografi lebih tinggi dibanding bak penampungan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Antisipasi Kemarau, PDAM Kota Magelang Siagakan 3 Truk Tangki Air Bersih

BACA JUGA:PDAM Kota Magelang Tuntaskan Pekerjaan Pergantian Pipa di Jalan Ali Basah Sentot Sebelum Batas Waktu

Adanya pembangunan Mata Air Sripungaten, kata Bambang, tentunya akan menambah stok air yang akan dialirkan di Magelang Selatan.

Dia menyebut, debit air yang akan diambil dari Sripungaten sekitar 35 liter per detik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres