Harga Sayuran di Magelang Fluktuatif di Awal Musim Penghujan

Harga Sayuran di Magelang Fluktuatif di Awal Musim Penghujan

Aktivitas petani dan pedagang di Pasar Agrobisnis Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

DUKUN, MAGELANGEKSPRES.COM - Pasar Agrobisnis Sewukan menjadi pusat transaksi semua hasil pertanian dari petani lereng Gunung Merapi, Merbabu Andong, dan Telomoyo, kini menunjukan harga sayuran yang fluktuatif. Setiap hari hampir 150 ton lebih berbagai sayuran masuk dan keluar dari pasar ini.

Dari hasil pantauan di lapangan harga sejumlah komoditas sayur di Pasar Agrobisnis Sewukan Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Senin (21/10) menunjukkan pergerakan fluktuatif.

Perbedaan kontras harga saat ini merupakan dampak dari kualitas yang tidak sebanding daya beli beberapa daerah lain.

BACA JUGA:Operasi Zebra Kabupaten Magelang Pekan Pertama, 6 Laka Lantas, 2 Meninggal Dunia

Sekretaris Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gema Sembada Sewukan selaku pengelola Pasar Agrobisnis Anisa Mualifah menjelaskan harga berbagai komoditas sayuran yang datang langsung dari petani memang berada di strata rendah atau cenderung fluktuatif.

"Sekarang belum stabil (harganya) karena tergantung hasil panen petani. Itu juga Masih bolak balik harganya kurang stabil," katanya.

Menurut Anisa, kondisi tidak stabil itu, terjadi lebih dari dua pekan. Khususnya setelah hujan deras mulai mengguyur wilayah Kabupaten Magelang.

Stabilitas harga itu juga dipengaruhi kuantitas dan kualitas barang. Dimana saat jumlah pasokan melimpah di pasar ini maka akan berpengaruh terhadap harga di pasaran wilayah Jawa Tengah, Jogjakarta dan kota besar lainnya.

BACA JUGA:Tahun 2024, 1.616 Anak di Kabupaten Magelang Tidak Sekolah

Demikian pula sebaliknya jika kualitas bagus dan volume sedikit maka harga cenderung naik.

"Bisa dikatakan itu berpengaruh kepada harga pasar lain karena di pasar ini bisa dikatakan tangan pertama," ungkapnya.

Dicontohkan Anisa harga cabai dan buncis naik turun setiap harinya. Data terakhir yang tercatat, harga cabai rawit berada di kisaran Rp27.000/kg dan cabai keriting di kisaran Rp15.000/kg.

Kemudian buncis masih naik turun di harga Rp7.000-8.000/kg, sedangkan sawi caisim dan sawi lainnya masih rendah di harga Rp4.000 per kilogram.

BACA JUGA:Nyuri Motor Langsung Ganti Plat Nomor, Modus Baru Curanmor Beraksi di Magelang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres