Museum Tosan Aji Bertransformasi ke Digitalisasi, Luncurkan Table Mapping Koleksi dan Gelar Pameran 3 Hari

Museum Tosan Aji Bertransformasi ke Digitalisasi, Luncurkan Table Mapping Koleksi dan Gelar Pameran 3 Hari

DIGITALISASI MUSEUM. Museum Tosan Aji Purworejo meluncurkan digitalisasi museum berupa Table Mapping koleksi serta website bersamaan dengan Pameran Temporer bertajuk Virtual Journey Through Time di kawasan museum setempat-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Museum Tosan Aji Purworejo menggelar Pameran Temporer bertajuk Virtual Journey Through Time di kawasan museum setempat selama tiga hari, Senin hingga Rabu (21-23/10).

Mengangkat tema Virtual Journey Through Time, event kali ini diharapkan menjadi ajang mempelajari Sejarah Purworejo dari masa ke masa melalui Pameran Koleksi Museum Tosan Aji.

Pembukaan pameran secara resmi dilakukan Pjs Bupati Purworejo Endi Faiz Effendi di Pendopo Agung Purworejo. Dalam kesempatan itu juga diluncurkan digitalisasi museum berupa Table Mapping koleksi serta website museumtosanaji.com.

BACA JUGA:Mengintip Museum Tosan Aji Purworejo yang Memiliki Berbagai Koleksi Benda-Benda Cagar Budaya Peninggalan Sejar

Peluncuran disaksikan antara lain anggota DPRD Purworejo, Pj Sekda,  Direktur Utama BOB, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X,  General Manager YIA, Kepala Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Kepala Museum Provinsi Jawa Tengah Ronggowarsito Semarang, Kepala Museum BPK RI Magelang selaku Ketua AMIDA Kedu Raya, Kepala Museum Borobudur Magelang; Kepala Taman Budaya Jawa Tengah, jajaran OPD, serta perwakilan dari sekolah di Kabupaten Purworejo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purworejo, Wasit Diono, menyebut dalam pameran itu juga akan diselenggarakan seminar hasil kajian Museum dan workshop konservasi tosan aji berlokasi di komplek MTA.

"Di samping Pameran Koleksi Museum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo juga memamerkan 10 Objek Pemajuan Kebudayaan yang ada di Purworejo," sebutnya.

BACA JUGA:Pameran Temporer Museum Tosan Aji Purworejo Dibludaki Pengunjung

Dijelaskan, pameran bertujuan untuk memperkenalkan potensi Kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Purworejo.

Salah satu yang menarik, dalam pameran temporer tahun ini juga ditampilkan produk digitalisasi Museum berupa Table Mapping dan Website Museum Tosan Aji Purworejo.

Pjs Bupati Endi Faiz Effendi menyampaikan bahwa pameran bertajuk “Tosan Aji Virtual Journey Through Time”, menjadikan  gambaran kesiapan Museum Tosan Aji memulai perjalanan transformasi menuju museum digital.

Yakni dengan menampilkan koleksi atraksi virtual terbaru, website sebagai fasilitas informasi digital museum dan akses terintegrasi menuju semua platform digital museum, dan fasilitas pembayaran tiket museum secara non tunai.

BACA JUGA:Pjs Bupati Purworejo Dorong Glamping de Loano Kuatkan Pariwisata Terintegrasi

"Kita layak berbangga karena Purworejo memiliki  Museum Tosan Aji, sebuah tempat yang tidak hanya menjadi wadah pelestarian warisan budaya, tetapi juga pusat pendidikan dan kebanggaan masyarakat kita," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres