25 Hotel dan Restoran di Kabupaten Magelang Berlomba Kreasikan Menu Beong

25 Hotel dan Restoran di Kabupaten Magelang Berlomba Kreasikan Menu Beong

MEMASAK. Peserta memasak beong dalam lomba “Autenthic Culinary Competition”, di Pendopo TIC (Tourist Information Center) Wanurejo Borobudur Kabupaten Magelang, Selasa (22/10) lalu.-HENI AGUSNINGTYAS-MAGELANG EKSPRES

BOROBUDUR, MAGELANGEKSPRES.COM Menu kreasi olahan ikan Beong digelar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang berkolaborasi dengan BPC PHRI Kabupaten Magelang, Selasa (22/10). Kreasi olahan tersebut diikuti 25 peserta dari hotel dan restoran di Kabupaten Magelang. 

Acara kompetisi bertema bertajuk “Authentic Culinary Competition” ini berlokasi di Pendopo TIC (Tourist Information Center) Wanurejo Borobudur Kabupaten Magelang.

Peserta lomba 25 tim, yang merupakan junior cook atau cook helper dari hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Magelang. Setiap tim terdiri dua orang.

BACA JUGA:40 Kader PKK se-Kecamatan Ngablak Magelang Dilatih Eco Print

Ketua BPC PHRI Kabupaten Magelang, Usep Syarifudin mengatakan, dipilihnya menu berbahan dasar ikan beong ini karena ikan tersebut merupakan ikan yang otentik atau khas dari Kabupaten Magelang.

Namun menu yang disajikan, tidak boleh dimangut agar peserta lebih kreatif.

“Karena beong merupakan makanan khas dari Kabupaten Magelang, yang sering dibuat mangut. Maka agar peserta lebih kreatif, harus menyajikan menu selain mangut supaya menambah variasi menu beong selain mangut,” terangnya. 

BACA JUGA:Festival Rebana dan Paduan Suara Warnai HSN di Magelang

Hasilnya ternyata luar biasa. Ini terbukti dari beragamnya menu yang dihasilkan peserta.

Peserta dengan nilai terbaik membuat menu dengan nama Beong Thai Green Curry dari Sekar Kedhaton Restaurant.

Juara kedua dari Sunsetfalls Gardens & Resort memasak beong dengan kreasi Baran Kuta Selatan.

BACA JUGA:Hari Santri di Magelang, Momentum Tingkatkan Iman dan Taqwa

Juara ketiga adalah Resto Manohara TWC yang memasak menu beong dengan citarasa kecombrang dan nasi bintul menjadi Nasi Bintul Beong Honje. 

Ia menambahkan, aspek yang dinilai dari lomba tersebut terutama adalah rasa, yaitu bagaimana peserta menyajikan makanan bercitarasa dari penilain juri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres