10 Cara Efektik Mengatasi Insomnia Tanpa Bantuan Obat Tidur, Terbukti Ampuh dan Lebih Sehat

Selasa 31-10-2023,23:00 WIB
Reporter : Muhammad Izzul Wafa'
Editor : Muhammad Izzul Wafa'

MAGELANGEKSPRES -- Pada malam hari tubuh perlu mendapat istirahat yang cukup untuk mendapat merilekskan tubuh dan otak. Apabila mengalami berbagai gangguan tidur termasuk insomnia tentu hal itu dapat berpengaruh pada kebutuhan istirahat.

Penderita insomnia cenderung sulit bisa memejamkan mata dan fikirannya untuk melakukan tidur malam. Bahkan penderita insomnia bisa tidak tidur sama sekali semalaman.

Masalah tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas di pagi harinya karena mungkin saja tubuh akan terasa lesuh, lemas, dan mata ngantuk akan terlihat jelas. Tidak hanya itu, berbagai masalah kesehatan bisa timbul akibat kurang istirahat di malam hari.

BACA JUGA:Tidak Hanya Merokok, Terlalu Banyak Konsumsi 10 Makanan Ini Ternyata Bikin Gigi Kamu Kuning, Cek Apa Saja!

Sebelum mengetahui cara mengatasi insomnia, penting untuk mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebabnya. Anda bisa melakukan diagnosa sendiri atau mengonsultasikan kepada dokter.

Beberapa faktor penyebab insomnia yang umum terjadi adalah kurangnya penerapan pola hidup sehat, kurang asupan gizi yang cukup, stress yang berterusan, jam tidur yang berantakan, atau faktor kenyamanan kamar yang kurang.

BACA JUGA:Manfaat dan Nutrisi Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Perlancar Pencernaan

Dirangkum dari berbagai sumber yang kredibel dan terpercaya, berikut ini Magelang Ekspres sajikan informasi mengenai 10 cara mengatasi insomnia tanpa obat tidur.

Mengatasi insomnia tanpa menggunakan obat tidur dapat dilakukan dengan berbagai metode dan perubahan gaya hidup. 

Berikut adalah 10 cara yang dapat membantu Anda mengatasi insomnia:

1. Rutin tidur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Ini membantu mengatur jam biologis Anda.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Pastikan kamar tidur Anda gelap, sejuk, dan tenang. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman.

3. Hindari stimulan

Kategori :