Shalat Sunnah Bisa Menambal Kekurangan Shalat Fardhu dan Shalat Sunnah yang Tak Pernah Ditinggalkan Rasulullah

Rabu 29-11-2023,04:00 WIB
Reporter : Abu Hammam
Editor : Suroso

MAGELANG EKSPRES- Diantara keutamaan shalat tathawwu' atau shalat sunnah adalah untuk menambal kekurangan dalam shalat fardhu atau shalat wajib.

Sebab, shalat fardhu yang kita kerjakan lima kali dalam sehari pasti ada kekurangannya.

Dan salah satu cara untuk menambal kekurangan tersebut adalah dengan mengerjakan shalat sunnah yang disyariatkan.

BACA JUGA:Pintu Rezeki Tidak Hanya Bekerja, Mintalah pada yang Memberikan Rezeki!

Ada beragam shalat sunnah yang disyariatkan dalam Islam, baik yang menyertai shalat fardhu atau di luar shalat fardu, baik secara berjamaah atau sendiri. Semua shalat sunnah tersebut mempunyai banyak keutamaan, diantaranya untuk menambal kekurangan shalat fardhu.

Kali ini akan dibahas adalah tentang shalat sunnah yang dianjurkan berjamaah.

Shalat Sunnah yang Dianjurkan Berjamaah

Shalat berjamaah disunnahkan tidak pada semua shalat-shalat tathawwu', namun hanya disunnahkan pada beberapa shalat. Di antaranya adalah :

1. Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada bulan puasa setelah shalat Isyak. Shalat tarawih disunnahkan secara berjamaah namun begitu boleh dikerjakan sendiri di rumah.

2. Shalat Istisqa

Para ulama fikih mendefinisikan shalat Istisqa sebagai shalat sunnah muakkadah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah Subhana wa Ta'ala agar menurunkan air hujan.

3. Shalat Kusuf

Shalat kusuf adalah shalat ketika terjadi gerhana. Yakni shalat kusuf untuk gerhana matahari dan shalat khusuf untuk gerhana bulan. Hukum shalat kusuf adalah sunnah mu'akkadah.

4. Shalat Ied (Idul Fitri dan Idul Adha)

Kategori :