Menjelajahi Jejak Walisongo di Tanah Jawa : Wisata Goa Cerme Bantul yang Menyimpan Sejarah

Selasa 30-01-2024,23:40 WIB
Reporter : Maria Aresyenan Koisine
Editor : Maria Aresyenan Koisine

BACA JUGA:Penemuan Bersejarah di Perbukitan Menoreh! Goa Kiskendo Jogja Miliki Serangkaian Fakta Unik Ini

Batu-batu tersebut sering kali membentuk pola dan bentuk yang unik, menciptakan suasana mistis dan menakjubkan bagi pengunjung.

Suara gemericik air yang mengalir melalui batu-batu tersebut menambah keasrian dan kelembutan suasana di dalam goa.

Selain keindahan alam, pengunjung juga akan menemukan beberapa peninggalan sejarah di dalam goa ini. Beberapa peninggalan sejarah tersebut antara lain seperti watu kaji atau batu tempat para wali duduk saat sedang bermusyawarah, gamelan kahyangan, batu gilang, dan air penguripan yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Goa Cerme tidak hanya menawarkan keindahan di dalam goanya saja, tetapi juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya.

BACA JUGA:Menyusuri Goa Kidang Kencana Kulonprogo dengan Pesona Alam dan Keunikan Sejarah yang Memikat

Vegetasi hijau dan udara segar menyelimuti area sekitar goa, menciptakan lingkungan yang nyaman dan damai. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan ketenangan yang disuguhkan oleh goa ini.

Aktivitas Wisata di Goa Cerme

Selain menikmati keindahan alam dan eksplorasi formasi batu di dalam goa, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas wisata di sekitar Goa Cerme.

Trekking menjadi salah satu pilihan populer, mengingat lokasinya yang terletak di tengah alam. Pendakian ke bukit-bukit di sekitar goa juga memberikan pengalaman petualangan yang tak terlupakan.

Bagi yang mencari tantangan ekstrem, pengunjung bisa melakukan susur goa menggunakan headlamp dengan jalur bebatuan yang licin dan gelap. 

BACA JUGA:Menjelajahi Keunikan Goa Seplawan di Purworejo: Persembahan Alam yang Kaya Akan Nilai Sejarah

Fasilitas yang tersedia di Goa Cerme sudah cukup memadai untuk dimanfaatkan oleh para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain seperti toilet umum, pusat informasi, warung makan, balai pertemuan, penyewaan headlamp untuk susur goa, dan jasa layanan pemandu.

Untuk harga tiket masuk Goa Cerme sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 3000 per orang dengan tambahan biaya parkir dengan tarif Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa pemandu wisata akan dikenakan tarif Rp. 50.000 dan biaya sewa headlamp Rp. 5000. Goa Cerme buka setiap harinya mulai dari pukul 07.00-18.00 WIB.

Goa Cerme di Bantul merupakan destinasi alam yang mempesona dan menawarkan pengalaman petualangan serta keajaiban alam yang luar biasa.

Kategori :