Sosok Eko Sunyoto, Seniman Senior yang Tarikan Relief Candi Borobudur sampai Lawatan ke Luar Negeri

Senin 08-07-2024,16:56 WIB
Reporter : Haryas Prabawanti
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Sosok seniman senior asli Magelang, Eko Sunyoto, sukses merepresentasikan relief Candi Borobudur ke dalam berbagai karya tari.

Karya tari besutan Eko Sunyoto paling populer adalah Kinnara Kinnari yang menggambarkan dua mahluk setengah manusia dan setengah burung.

Kinnara Kinnari diceritakan sebagai manusia setengah burung yang menjaga Kalpataru atau pohon kehidupan serta pundi pundi rezeki.

Tari Kinnara Kinnari bahkan pernah ditampilkan di Thailand pada event International Culture Exchange Sister Borsang Umbrela Festival di Chiang Mai Thailand 2020.

BACA JUGA:Seniman Asal Bali, Lakukan Ruwat Bumi dengan Melukis di Perempatan Pasar Kota Magelang

Tak hanya itu, Tari Kinnara Kinnari juga pernah menyabet berbagai penghargaan di antaranya Parade Tari Kreasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

Eko juga telah menciptakan beberapa karya tari lain yang juga diadaptasi dari relief Candi Borobudur seperti Tari Kubera, Lalitavistara, Sudhana Manohara dan masih banyak lagi.

Sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Eko sudah dikenalkan berbagai kesenian, khususnya tari dan pedalangan.

Ia terus menekuni dunia seni hingga pada 2008, Eko mendirikan Sanggar Tari Kinnara Kinnari yang terletak di terletak di Tingal Kulon RT 02 RW 02 Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Seniman Wonosobo Lukis Wajah Marsinah di Hari Buruh

Kini, Sanggar Kinnara Kinnari besutan Eko Sunyoto memiliki ratusan siswa dari berbagai usia, mulai anak-anak hingga dewasa.

Jumlah anak didiknya terus bertambah setiap tahun, namun Eko tak henti melakukan eksplorasi dan menciptakan berbagai karya tari.

Sanggar Kinnara Kinnari memiliki berbagai kelas sesuai tingkatan usia dan berlatih setiap Jumat hingga Minggu.

Selain menciptakan berbagai tari, Eko juga menjadi dalang sekaligus pelopor musik tradisional yakni truntung yang menjadi salah satu musik tradisional khas lereng Gunung Merbabu, Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:Puluhan Seniman Purworejo Angkat Keteladanan RA Kartini dalam Art Wor

Kategori :