Kubro Siswo Warnai Sosialisasi Partisipasi Pilkada di Sawangan Magelang

Senin 12-08-2024,10:57 WIB
Reporter : Arief Setyoko
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES – Penampilan kesenian tradisional kubro siswo New Argo Mudo mewarnai sosialisasi Kirab Maskot Si Randu di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu 11 Agustus 2024.

Kirab Maskot Si Randu menjadi acara estafet yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Dukungan agar pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati Magelang berjalan aman dan mempersatukan turut dilontarkan para pegiat kesenian tradisional di Magelang.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Magelang Sosialisasikan Pilkada 2024 Lewat Kirab Maskot Si Randu di 21 Kecamatan

Salah satunya, Ketua kelompok kubro siswo “New Argo Mudo” dari Desa Gondowangi, Nur Rohmat. Ia ingin agar pentas seni tradisional dalam rangka kirab Maskot Si Randu bisa menyatukan masyarakat.

“Saya berharap Pilkada besok ini kita seperti seni ini. Nggak usah terlalu tegang. Toh nanti siapa yang jadi (pemimpin), kita (masyarakat) tetap teman dan bertetangga,” kata Nur Rohmat usai pentas Festival Kesenian Tradisional Kecamatan Sawangan.

Semangat persatuan warga itu sesuai makna maskot Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Magelang “Si Randu” yang memiliki kepanjangan “rukun lan guyub mbangun Magelang”.

BACA JUGA:Lestarikan Tradisi, Masyarakat Adat Nusantara di Magelang Gelar Kirab Suran Pepunden Dipanegaran Jelang HUT RI  

"Fungsi seni untuk anak-anak muda ini kan merekatkan. Berbeda itu hak asasi. Tapi untuk grup, kita kembali lagi ke kepentingan bersama," tuturnya.

Kepala Desa Gondowangi, Bambang Setiajid, berharap sama seperti pementasan seni tradisional yang bertujuan menghibur rakyat, pemilihan daerah juga harus digelar dengan suasana yang gembira.   

“Seni masyarakat membuat warga senang. Jika monoton, tidak bisa menyenangkan masyarakat. Dihubungkan dengan pelaksanaan Pilkada, suasana jadi tegang. Adanya seni, ketegangan itu bisa cair dan kondusif," ujarnya.

BACA JUGA:Lewat Dies Natalis, Kementan Bangkitkan Kreativitas Pemuda untuk Pertanian

Dirinya berharap, pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan kesenian mampu terbangun pola pikir yang mengedepankan kebersamaan untuk kemajuan bangsa.  

Festival Kesenian Tradisional Kecamatan Sawangan, digelar dalam rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79. Sebanyak 14 kelompok kesenian dari 14 desa tampil pada acara ini. 

Acara itu turut dimeriahkan beberapa stand UMKM perwakilan dari seluruh desa. Aneka hasil pertanian dan makanan ringan pun dijual untuk para penonton. (*)

Kategori :