Ngobrol Asik Seputar Pemilu: Bawaslu Kota Magelang Ajak Masyarakat Lebih Aktif

Sabtu 17-08-2024,21:25 WIB
Reporter : Haryas Prabawanti
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Magelang menggelar program 'Ngobrol Asik Seputar Pemilu' (Ngasep). 

Kegiatan tersebut digelar di Halaman Bawaslu Kota Magelang, Jumat 16 Agustus 2024.

"Acara ini perdana digelar untuk mensosialisasikan pengawasan dan meningkatkan literasi masyarakat terkait Pemilu 2024," kata Ketua Bawaslu Kota Magelang, Maludin Taufiq saat ditemui Magelang Ekspres, Jumat 16 Agustus 2024.

Selain itu, Taufiq menuturkan, Ngasep digelar untuk mengenalkan masyarakat tentang adanya kantor Bawaslu yang sekaligus dijadikan posko aduan bagi peserta Pemilu maupun masyarakat. 

BACA JUGA:Bawaslu Kota Magelang: Zero Toleransi untuk Politik Uang di Pilkada!

"Jadi kami terbuka dengan berbagai keinginan diskusi dan tidak menolak aduan yang disampaikan," imbuhnya. 

Oleh karena itu, acara tersebut juga menggandeng sejumlah organisasi terutama dari generasi muda. 

Terlebih, generasi muda berperan penting untuk melakukan pengawasan mengingat Kota Magelang menjadi daerah yang rawan terjadi politik uang. 

Bahkan, Kota Magelang pernah menjadi daerah paling rawan terjadi politik yang nomor 2 se Jawa Tengah pada tahun lalu. 

BACA JUGA:Kick Off Pengawasan, Bawaslu Purworejo Ajak Seluruh Elemen Ikut Awasi Pilkada

"Alhamdullilah saat ini sudah tidak, maka dibutuhkan sinergi dari semua pihak untuk melakukan pengawasan agar politik uang tidak terjadi lagi," ujarnya.

Sementara itu, peserta 'Ngasep' dari Universitas Bina Patria, Vika menuturkan, acara tersebut menarik karena banyak pandangan baru yang jarang diketahui masyarakat terkait Pemilu. 

"Kegiatan ini menjadi jembatan penghubung agar Bawaslu bukan hanya dipandang sebagai gedung atau kantor, tapi memang menjadi wadah untuk diskusi dan pemberi informasi terkait Pemilu dan Pilkada, " pungkasnya. (*)

Kategori :