Trend AI dapat Menghidupkan Orang Meninggal? Ini Menurut Pandangan Islam

Kamis 29-08-2024,00:25 WIB
Reporter : Selia Dwi Amara
Editor : Selia Dwi Amara

Dia (Allah) berfirman, “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang.”

Dia (Allah) berfirman, “Kalau begitu, ambillah empat ekor burung, lalu dekatkanlah kepadamu (potong-potonglah). Kemudian, letakkanlah di atas setiap bukit satu bagian dari tiap-tiap burung.

Selanjutnya, panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

BACA JUGA:3 Golongan yang Hajinya Bisa Diwakilkan, Pertama Orang yang Sudah Meninggal Dunia

3. Kisah Nabi Ilyas yang Membangkitkan Orang Meninggal

Mukzizat yang diperoleh Nabi Ilyas tentunya tidak terlepas dari kebesaran Allah SWT untuk menghidupkan kembali dari seseorang yang telah tiada.

Dikisahkan Nabi Ilyas yang meminta kepada Allah SWT untuk mengembalikan ruh dari seorang anak laki-laki agar hidup kembali.

Upayanya kemudian dikabulkan sebagaimana yang tertuang dalam ayat Al-Quran surah Al Baqarah (243).

أَلَمْ تَرَ إِلَى ٱلَّذِينَ خَرَجُوا۟ مِن دِيَٰرِهِمْ وَهُمْ أُلُوفٌ حَذَرَ ٱلْمَوْتِ فَقَالَ لَهُمُ ٱللَّهُ مُوتُوا۟ ثُمَّ أَحْيَٰهُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى ٱلنَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَشْكُرُونَ

Artinya:

Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang ke luar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati; maka Allah berfirman kepada mereka:

"Matilah kamu", kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.

BACA JUGA:Tidur saat Khutbah Jumat yang Bisa Membatalkan Wudhu

Hari Kebangkitan Manusia

Manusia pada hakikatnya tidak dapat membangkitkan kembali manusia yang telah tiada selain orang-orang pilihan yang mendapati mukzizat dari Allah SWT.

Selain para nabi, Allah SWT sendirilah yang akan membangkitkan ruh manusia ketika Yaumul Ba'ats atau hari dimana semua umat dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatannya didunia.

Kategori :