Mengenal Mooncake di Bond Cafe Kota Magelang, Kue Unik yang Hanya Ada Saat Festival Bulan

Jumat 20-09-2024,13:18 WIB
Reporter : Haryas Prabawanti
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Festival Kue Bulan atau yang lebih populer dengan Mooncake Festival adalah perayaan bagi masyarakat Tionghoa.

Perayaan Festival Kue Bulan ini merupakan terbesar kedua setelah Imlek. Tradisi Mooncake di Indonesia pada 2024 ini diperingati pada September 2024.

Saat perayaan Mooncake Festival, masyarakat Tionghoa biasanya merayakan dengan menyantap kue sambil menatap bulan di musim gugur.

BACA JUGA:BEM KM Untidar dan Komunitas Magelang Gelar Aksi Galang Dana untuk MI Sirojul Munir Tanjungsari

Sesuai acaranya, kue yang disantap dinamai kue bulan karena bentuknya bundar dan berwarna coklat atau kuning keemasan menyerupai purnama.

Mooncake yang memiliki cita rasa manis gurih dan sedikit asin ini memiliki tekstur tipis. Uniknya lagi, pada sekeliling mooncake, isiannya memiliki motif tertentu dengan lapisan kuning telur asin utuh untuk melambangkan Bulan.

Seiring berkembangnya zaman, kue bulan lebih bervariasi karena hotel dan restoran ternama dari berbagai negara bersaing untuk menciptakan versi terbaru.

BACA JUGA:Festival Lima Gunung XXII/2024: Wolak-Waliking Zaman, Refleksi Seni dan Budaya di Kaki Merapi

BACA JUGA:Bekali Perempuan Muda, PDNA Kota Magelang Gelar Seminar Pernikahan

Sementara itu, beberapa toko roti menambahkan empat atau lebih kuning telur asin ke dalam resepnya, sedangkan isiannya bisa berupa pasta kacang merah, kacang-kacangan, biji-bijian, ham asin, pasta durian, talas tumbuk, dan bahkan sarang burung walet.

Meski Mooncake tak dapat ditemui di banyak toko kue di Indonesia khususnya Kota Magelang, masyarakat tak perlu khawatir. Sebab, di Kota Magelang, terdapat Bond Cafe and Bakery yang menjual berbagai varian Mooncake dengan harga terjangkau.

Product Development Manager, Vania menuturkan, Bond Cafe juga menyediakan mooncake dengan versi hampers dengan varian rasa yang lengkap dan murah.

"Varian mooncake yang ada di Bond Cafe di antaranya rasa Red Bean (kacang merah), Pandan, Red Bean Salted Egg Yolk (kacang merah dengan isi kuning telur asin) serta Pandan Salted Egg Yolk (pandan dengan isi kuning telur asin)," kata Vania saat ditemui Magelang Ekspres, Kamis 19 September 2024.

BACA JUGA:Kontingen SMPN 2 Magelang Usung Tema Seni Tradisi Wujud Jati Diri Negeri di MEC 2024

BACA JUGA:Mengenal Panjangka Karya Padepokan Seni Gubuk Kebon di Magelang yang Sukses Menarik Masyarakat

Kategori :