Buka Jalur Tlogo -Jengkol, Pemkab Wonosobo Gelontorkan Dana Rp7,6 Miliar

Senin 23-09-2024,18:08 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Malik Salman

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM - DPUPR Wonosobo bakal membuka jalur penghubung Tlogo - Jengkol sepanjang 1,8 kilometer. Terdiri dari jalan dan jembatan dengan gelontoran dana mencapai Rp7,6 miliar.

"Jalan ini akan membuka akses wisata Telaga Menjer melalui jalan Dieng, melintas sungai Serayu, menghubungkan Desa Tlogo dan Jengkol Garung," ungkap Kabid Bina Marga DPUPR, Afton Riza.

Menurutnya, proyek ini mencakup pekerjaan perkerasan jalan dan pelebaran jembatan.

Pembangunan ini untuk mendukung sektor pariwisata dan memperbaiki konektivitas antar wilayah.

BACA JUGA:Info Pekerjaan Kota Magelang, Bawaslu Rekrut 181 Pengawas TPS

Pengerjaan betonisasi sepanjang 500 meter hampir rampung dikerjakan dari ruas jalan Desa sampai ke jembatan Tlogo-Jengkol. Ruas jalan ini merupakan hibah PT Indonesia Power.

Lebih lanjut, DPUPR juga tengah fokus pada pembangunan Ruas Jalan Tlogo – Jengkol, jalur yang menghubungkan objek wisata Dieng dengan Telaga Menjer.

Jalur sepanjang 1 km ini juga mencakup pembangunan sebuah jembatan sepanjang 18 meter.

"Peningkatan lebar jalan dari 3 meter menjadi 7 meter di ruas ini merupakan hasil hibah dari masyarakat sekitar dan PT Indonesia Power. Total anggaran untuk proyek ini mencapai Rp7,6 miliar," ucapnya.

BACA JUGA:Seorang Ibu di Wonosobo Meninggal Dunia Tertimpa Tiang Listrik

Melalui rangkaian proyek ini, Kabupaten Wonosobo berharap mampu memperbaiki akses jalan di seluruh wilayah, sekaligus meningkatkan perekonomian lokal dengan mendukung sektor pariwisata dan distribusi hasil pertanian.

"Kami optimistis pembangunan ini akan berdampak positif bagi masyarakat Wonosobo, terutama dalam hal peningkatan akses dan pengurangan kemacetan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo, Nurudin Ardiyanto, mengatakan bahwa alokasi dana sebesar Rp101 miliar untuk program pembangunan jalan kabupaten di Wonosobo pada tahun 2024 bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Tengah (Banprov), dan APBD Kabupaten Wonosobo.

Dana tersebut dialokasikan untuk perbaikan fisik jalan dan fasilitas pendukung di berbagai ruas jalan strategis di wilayah Wonosobo.

BACA JUGA:DPT Wonosobo Ditetapkan, Ada Selisih 15 Ribu dengan Data Disdukcapil

Kategori :