Pers Turut Bertanggung Jawab Kawal Demokrasi Kondusif Jelang Pilkada Kota Magelang

Senin 07-10-2024,10:18 WIB
Reporter : Wiwid Arif
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Magelang Ahmad Aziz menekankan pentingnya media massa menjaga demokrasi tetap kondusif, terutama menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.

Hal itu ia katakan saat bersilaturahmi dengan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota dan Kabupaten Magelang, akhir pekan lalu.

Peran pers, menurutnya, sangat signifikans dalam memperkuat demokrasi interaktif saat ini.

BACA JUGA:Jadi Mitra PLKK dengan Utilisasi Tertinggi, BPJS Ketenagakerjaan beri Penghargaan

BACA JUGA:Siap Hadapi Bencana dan Isu Megathrust, BPBD Implementasikan SPAB

Jurnalis, lanjut dia, sebagai penyebar informasi yang tepat dan seimbang, memiliki peranan penting dalam mengawasi pelaksanaan pemerintahan yang baik dan demokratis.

"Jurnalis, media, atau pers merupakan salah satu pilar demokrasi, termasuk dalam hal pengawasan terhadap pemerintah. Oleh karena itu, kita perlu menjaga peran ini," ujarnya.

BACA JUGA:60 Lansia di Kota Magelang Ikuti Wisuda, Pj Walikota: Semoga Ilmunya Bermanfaat

Terlebih, kata dia, di tengah pesta demokrasi ini, dirinya juga mengajak semua untuk bersama-sama menciptakan iklim yang kondusif.

Hal tersebut agar semua berjalan dengan baik, sehingga masyarakat dapat merasakan kebahagiaan adanya euforia pesta demokrasi.

Dia juga menyampaikan harapannya agar pers di Kota Magelang dapat terus meningkatkan kualitas pemberitaannya.

BACA JUGA:Sinergitas TNI dan Pemerintah Kota Magelang Sukseskan Program TMMD

Pasalnya, dengan begitu masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong atau hoaks.

"Kadang netizen itu "nakal", maka tugas wartawan untuk klarifikasi, jadi lah wartawan yang bertanggungjawab, karena berkontribusi terhadap kualitas pembangunan dan demokrasi," imbuh Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah itu.

BACA JUGA:Jelang Tahun Politik, PWI Jateng Sisipkan Pesan Penting Bagi Wartawan

Kategori :